EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TANDUR (TUMBUHKAN, ALAMI, NAMAI, DEMONSTRASIKAN, DAN RAYAKAN) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MTs YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA

TRIYANI , NIM. 08690073 (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TANDUR (TUMBUHKAN, ALAMI, NAMAI, DEMONSTRASIKAN, DAN RAYAKAN) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MTs YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TANDUR (TUMBUHKAN, ALAMI, NAMAI, DEMONSTRASIKAN, DAN RAYAKAN) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MTs YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text ( EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TANDUR (TUMBUHKAN, ALAMI, NAMAI, DEMONSTRASIKAN, DAN RAYAKAN) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MTs YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran TANDUR dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran ekspositori. 2) Efektivitas model pembelajaran TANDUR dibandingkan model pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data untuk penilaian kognitif dengan soal tes dalam bentuk pretest postest dan penilaian afektif dengan lembar observasi. Analisa data untuk mengetaui perbedaan kedua kelas menggunakan uji t tes. Penentuan tingkat efektivitas untuk hasil belajar kognitif menggunakan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif dan afektif antara siswa yang mengikuti model pembelajaran TANDUR dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran ekspositori. Hasil belajar kognitif dibuktikan dengan hasil uji dibandingkan untuk nilai postest dengan tingkat kepercayaan 95% dengan jumlah sampel 34 adalah . Hasil postest untuk siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil postest siswa kelas kontrol. Hasil belajar afektif dibuktikan hasil uji dibandingkan untuk hasil observasi dengan tingkat kepercayaan 95% dengan jumlah aspek 24 adalah . Hasil observasi untuk siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil observasi siswa kelas kontrol. 2) Model pembelajaran TANDUR lebih efektif dibandingkan model pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa kognitif dan afektif. Hasil belajar kognitif dilihat dari Rata-rata N-Gain kelas eksperimen yang diperoleh dari hasil perhitungan sebesar 70,31 berada dalam kategori cukup efektif. Sedangkan rata-rata N-Gain kelas kontrol adalah 40,69 berada dalam kategori kurang efektif. Hasil belajar afektif dilihat dari presentase akumulasi hasil observasi kedua kelas di kelas eksperimen 54.91% sedangkan di kelas kontrol 45.09%, berarti pembelajaran di kelas eksperimen lebih efektif daripada di kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ika Kartika, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: model pembelajaran TANDUR, model pembelajaran ekspositori, hasil belajar
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jul 2014 14:09
Last Modified: 15 Feb 2016 10:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13297

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum