EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN ARENDS DAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF KIMIA KELAS X SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN

ZUL FATUN NISA , NIM. 10670006 (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN ARENDS DAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF KIMIA KELAS X SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN ARENDS DAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF KIMIA KELAS X SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN ARENDS DAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF KIMIA KELAS X SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe time token arends dan direct instruction terhadap hasil belajar kognitif kimia kelas X semester 2 di SMA Negeri 1 Banguntapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivan model pembelajaran kooperatif tipe time token arends terhadap hasil belajar kognitif kimia dibandingkan dengan model pembelajaran direct instruction. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain perbandingan kelompok statis. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas X2 yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe time token arends dan kelas X4 yang menerapkan model pembelajaran direct instruction. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan teknik tes menggunakan instrumen soal postes. Uji hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan menganalisis data postes. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe time token arends lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif kimia dibandingkan dengan model pembelajaran direct instruction. Nilai rata-rata postes hasil belajar kognitif kelas A yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe time token arends adalah sebesar 82,06 dan dapat menuntaskan siswa > 75% dari 29 siswa dalam kelas. Nilai rata-rata postes hasil belajar kognitif kelas B yang menerapkan model pembelajaran direct instruction adalah sebesar 77,13 dan tidak dapat menuntaskan siswa > 75% dari 30 siswa dalam kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Asih Widi Wisudawati, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe time token arends, direct instruction, hasil belajar kognitif
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jul 2014 14:43
Last Modified: 23 Feb 2016 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13306

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum