PANDANGAN JAMA’AH MAJELIS TA’LIM TENTANG KELUARGA SAKINAH ( STUDI TERHADAP MAJELIS TA’LIM AL-ABROR DUSUN GENDENG KELURAHAN BACIRO KECAMATAN GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA )

ALIEF AKBAR MUSADDAD , NIM. 10350052 (2014) PANDANGAN JAMA’AH MAJELIS TA’LIM TENTANG KELUARGA SAKINAH ( STUDI TERHADAP MAJELIS TA’LIM AL-ABROR DUSUN GENDENG KELURAHAN BACIRO KECAMATAN GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PANDANGAN JAMA’AH MAJELIS TA’LIM TENTANG KELUARGA SAKINAH ( STUDI TERHADAP MAJELIS TA’LIM AL-ABROR DUSUN GENDENG KELURAHAN BACIRO KECAMATAN GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA ))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PANDANGAN JAMA’AH MAJELIS TA’LIM TENTANG KELUARGA SAKINAH ( STUDI TERHADAP MAJELIS TA’LIM AL-ABROR DUSUN GENDENG KELURAHAN BACIRO KECAMATAN GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA ))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu tujuan utama perkawinan menurut agama Islam ialah untuk memenuhi petunjuk agama dalam rangka mendirikan keluarga yang harmonis, sejahtera dan bahagia atau yang disebut dengan keluarga sakīnah, mawaddah dan raḥmah. Membina rumah tangga yang sakīnah bukan persoalan yang mudah, suami dan isteri sebelumnya harus memiliki bekal pengetahuan yang cukup tentang nilai, norma, akhlak dan moral yang benar. Menyiapkan mental yang kuat untuk menghadapi segala hambatan dan tantangan dalam rumah tangga. Majelis Ta’lim al-Abror merupakan lembaga sosial keagamaan yang ada di Kelurahan Baciro Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta dan mempunyai misi khusus yang berupaya untuk membentuk ketentraman hidup antara hubungan suami isteri sebagai pasangan, suami isteri sebagai orang tua terhadap anak dan anggota keluarga dengan lingkungan masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pandangan dan gagasan jama’ah Majelis Ta’lim al-Abror tentang keluarga sakīnah yang mencakup makna keluarga sakīnah, prinsipprinsip dalam mewujudkan keluarga sakīnah, faktor yang memicu konflik dalam rumah tangga dan pola hubungan suami isteri dengan menggunakan pendekatan normatif, yaitu suatu pendekatan dengan melihat persoalan yang dikaji dengan berlandaskan teks-teks al- Qur’an, al-Hadis serta pendapat ulama yang berkaitan dengan keluarga sakīnah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), dan data diperoleh dengan cara wawancara kepada pengurus Majelis Ta’lim al-Abror, selaku pihak yang mempunyai misi, dengan ustadz yang aktif mengisi pengajian, selaku pihak yang menyampaikan misi dan wawancara dengan jama’ah Majelis Ta’lim al-Abror, selaku pihak yang menerima misi tersebut. Selain data yang diperoleh dari hasil wawancara, penelitian ini juga didukung dengan penelitian pustaka (library research), yaitu dengan cara membaca, menelaah buku-buku atau karya ilmiah yang ada kaitannya dengan keluarga sakīnah, makalah-makalah, skripsi dan sumber-sumber lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Dari hasil penelitian, jama’ah Majelis Ta’lim al-Abror mempunyai pandangan yang variatif tentang keluarga sakīnah. Terdapat perbedaan dan persamaan pandangan antara pengurus, ustadz dan jama’ah mengenai keluarga sakīnah. Namun, perbedaan tersebut bukan perbedaan yang saling bertentangan dan masih sesuai dengan fungsi perkawinan, yaitu; fungsi biologis, fungsi psikologis, fungsi edukatif, fungsi religius, fungsi sosiologis, fungsi protektif dan fungsi ekonomi. Pandangan jama’ah Majelis Ta’lim al-Abror sejalan dengan hukum Islam. Setiap pernyataan yang menjadi pendapat responden selalu berlandaskan kepada al-Qur’an dan hadis. Majelis Ta’lim al-Abror berupaya untuk membentuk karakter jama’ahnya sebagai muhsin yang moderat, mu’min yang demokrat dan muslim yang diplomat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ahmad Bunyan Wahib, M.A
Subjects: Peradilan Islam
Peradilan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Jul 2014 08:32
Last Modified: 18 Apr 2016 14:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13316

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum