PENGARUH ADOPSI IFRS DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN ANEKA INDUSTRI YANG TERDAFTAR DI DES PERIODE 2007-2013)

DWI LESTARI , NIM. 10391051 (2014) PENGARUH ADOPSI IFRS DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN ANEKA INDUSTRI YANG TERDAFTAR DI DES PERIODE 2007-2013). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH ADOPSI IFRS DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN ANEKA INDUSTRI YANG TERDAFTAR DI DES PERIODE 2007-2013))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH ADOPSI IFRS DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN ANEKA INDUSTRI YANG TERDAFTAR DI DES PERIODE 2007-2013))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh adopsi IFRS dan kualitas audit terhadap manajemen laba dan mengetahui tingkat manajemen laba sebelum, saat dan sesudah adopsi IFRS pada Perusahaan Aneka Industri yang terdaftar di Daftar Efek Syariah (DES). Adanya pengadopsian IFRS akan menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas dan hal itu dapat menurunkan praktik manajemen laba pada suatu perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis varian desain faktorial yang akan digunakan untuk menegetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dan menggunakan uji friedman test yang akan digunakan untuk mengetahui tingkat manajemen laba sebelum, saat, dan sesudah adopsi IFRS. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data tersebut diperolah dari mengakses situs www.idx.co.id, pojok BEI Universitas Islam Indonesia, IDX statistix 2007-2013. Jumlah sampel yang digunakan adalah 9 perusahaan yang aktif terdaftar di DafrtarEefek Syariah pada periode 2007-2013. Hasil analisis varian desain faktorial pada penelitian ini menunjukan bahwa big four tidak berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan ukuran komite audit, independensi auditor dan adopsi IFRS berpengaruh secara signifikan terhadap manajeme laba. Hasil dari uji friedman test menunjukan tidak adanya perbedaan antara tingkat manajemen laba sebelum dan saat adopsi IFRS dan terdapat perbedaan antara manajemen laba saat dan sesudah adopsi IFRS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Slamet Haryono, SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Adopsi IFRS, Kualitas Audit dan Manajemen laba.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Jul 2014 09:31
Last Modified: 27 Sep 2016 11:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13328

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum