KAJIAN YURIDIS TERHADAP PENANGANAN KASUS TINDAK PIDANA YANG DILAKUKAN SUPORTER SEPAK BOLA OLEH KEPOLISIAN DI HUKUM POLRES BANTUL

FAJAR DWI SANTOSO , NIM. 10340009 (2014) KAJIAN YURIDIS TERHADAP PENANGANAN KASUS TINDAK PIDANA YANG DILAKUKAN SUPORTER SEPAK BOLA OLEH KEPOLISIAN DI HUKUM POLRES BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( KAJIAN YURIDIS TERHADAP PENANGANAN KASUS TINDAK PIDANA YANG DILAKUKAN SUPORTER SEPAK BOLA OLEH KEPOLISIAN DI HUKUM POLRES BANTUL )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( KAJIAN YURIDIS TERHADAP PENANGANAN KASUS TINDAK PIDANA YANG DILAKUKAN SUPORTER SEPAK BOLA OLEH KEPOLISIAN DI HUKUM POLRES BANTUL )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini di latar belakangi oleh maraknya tindak pidana suporter sepak bola di Indonesia dan baru-baru ini juga terjadi di Bantul, Akan tetapi di balik tindak pidana tersebut terdapat banyak permasalahan yang belum diketahui masyarakat, setelah melakukan berbagai pra penelitian di daerah Bantul, masih terdapat berbagai pelanggaran yang sering dilakukan oleh suporter sepak bola yang kerap terulang misalnya pelanggaran terhadap lalu lintas. Berdasarkan hal-hal tersebut, maka dirumuskan permasalahan mengenai pelanggaran tindak pidana apa yang diberlakukan Kepolisian Resor Bantul terhadap suporter sepak bola dan juga cara atau mekanisme penanganan kasusnya oleh Kepolisian Resor Bantul. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan yuridis empiris, yaitu penelitian yang mengidentifikasikan dan mengkonsepsikan hukum sebagai institusi sosial yang riil dan fungsional dalam sistem kehidupan yang mempola. Dalam kaitannya dengan penelitian ini, selain mendasarkan pada penelitian lapangan penyusun juga melakukaan penelaahan secara mendalam tentang peraturan. Adapun hasil penelitian ini diketahui bahwa faktor yang mempengaruhi terjadinya tindak pidana yang dilakukan suporter sepak bola adalah terjadinya persaingan antar kelompok suporter sepak bola, dan juga karena spontanitas dari solidaritas yang salah karena tidak dibarengi dengan pemahaman hukum dan kedewasaan dalam bertindak. Dari dua contoh kasus yang ditangani Polres Bantul ditetapkan bahwa kasus tersebut dijerat Pasal 170 KUHP dengan ancaman maksimal pidana penjara lima tahun enam bulan. Proses dan mekanisme penanganan kasus tindak pidana yang dilakukan suporter sepak bola sama saja dengan proses penanganan kasus pidana yang lain hanya saja terdapat banyak kendala baik itu secara eksternal maupun internal. Polisi juga berpedoman bahwa inti dari penegakan hukum terletak pada kegiatan menserasikan hubungan nilai-nilai yang terjabarkan di dalam kaidah-kaidah yang ada sebagai rangkaian penjabaran nilai tahap akhir untuk menciptakan, memelihara dan mempertahankan kedamaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Makhrus Munajat,. M.Hum.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Jul 2014 09:59
Last Modified: 15 Aug 2016 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13335

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum