IMPLEMENTASI PELAYANAN PUBLIK DI DINAS PERIZINAN KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2013

CHOIRINA TIEN ROSYADI , NIM. 10340204 (2014) IMPLEMENTASI PELAYANAN PUBLIK DI DINAS PERIZINAN KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PELAYANAN PUBLIK DI DINAS PERIZINAN KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2013)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (29MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PELAYANAN PUBLIK DI DINAS PERIZINAN KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2013)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)

Abstract

Pemberian pelayanan kepada masyarakat merupakan kewajiban utama bagi pemerintah. Peranan pemerintah dalam proses pemberian pelayanan, adalah bertindak sebagai katalisator yang mempercepat proses sesuai dengan apa yang seharusnya. Dengan diperankannya pelayanan sebagai katalisator tentu saja akan menjadi tumpuan organisasi pemerintah dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Asas dalam Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik menjadi dasar utama terwujudnya pelayanan yang maksimal. Dalam menganalisis dan mengkaji pelayanan publik, penyusun memilih Dinas Perizinan sebagai obyek penelitian, karena dari data yang penyusun dapatkan, Dinas Perizinan Yogyakarta memiliki indeks kepuasan dalam memberikan pelayanan yang tinggi di tahun 2013. Berdasarkan data tersebut, diajukan pokok masalah, bagaimana prosedur dan proses pelayanan di Dinas Perizinan, dan apakah Dinas Perizinan sudah merealisasikan asas dalam Undang-undang Pelayanan Publik? Untuk menjawab pertanyaan di atas, penyusun melakukan penelitian. Metode yang penyusun gunakan dalam melakukan penelitian yaitu jenis penelitian field research atau penelitian lapangan dengan narasumber pejabat bagian pengembangan kinerja Dinas Perizinan Kota Yogyakarta. Penyusun menggunakan pendekatan secara yuridis empiris, serta menggunakan metode wawancara dalam mengumpulkan data. Metode wawancara digunakan dalam menganalisis upaya Dinas Perizinan dalam merealisasikan Undangundang Pelayanan Publik. Jenis data yang digunakan yaitu metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menegaskan bahwa belum seluruhnya asas dalam pelayanan publik terealisasikan di Dinas Perizinan Kota Yogyakarta. Asas dalam Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, terutama asas kecepatan, kemudahan dan keterjangkauan belum dapat terealisasikan. Kendala yang dialami Dinas ialah Sumber Daya Manusia yang belum mencapai target 100%. Sumber Daya Manusia yang belum maksimal menjadi kendala utama Dinas dalam memberikan pelayanan yang sesuai dengan asas pelayanan publik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : UDIYO BASUKI, S.H., M.Hum.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Jul 2014 12:52
Last Modified: 11 Aug 2016 08:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13371

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum