PENGARUH PENGUMUMAN PEMBERLAKUAN PP NO 1 TAHUN 2014 TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (STUDI KASUS PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG MASUK KELOMPOK DAFTAR EFEK SYARIAH)

FARIDA NURLAMIAH , NIM. 10390193 (2014) PENGARUH PENGUMUMAN PEMBERLAKUAN PP NO 1 TAHUN 2014 TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (STUDI KASUS PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG MASUK KELOMPOK DAFTAR EFEK SYARIAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGUMUMAN PEMBERLAKUAN PP NO 1 TAHUN 2014 TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (STUDI KASUS PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG MASUK KELOMPOK DAFTAR EFEK SYARIAH))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGUMUMAN PEMBERLAKUAN PP NO 1 TAHUN 2014 TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (STUDI KASUS PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG MASUK KELOMPOK DAFTAR EFEK SYARIAH))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh larangan ekspor mineral mentah terhadap abnormal return dan volume perdagangan saham pada perusahaan pertambangan yang masuk kelompok Daftar Efek Syariah (DES). Secara umum larangan ekspor mineral mentah akan berdampak pada kinerja emiten sektor tambang khususnya yang mengekspor mineral. Hal ini akan berimbas pada proyeksi analisis investor dalam mempengaruhi harga-harga sekuritas di pasar modal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi peristiwa (event study) yang akan menganalisis perubahan pergerakan abnormal return dan volume perdagangan saham di sekitar pengumuman pemberlakuan PP No 1 Tahun 2014. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan abnormal return dan volume perdagangan saham yang signifikan di sekitar peristiwa pengumuman larangan ekspor mineral mentah. Pengujian penelitian ini menggunakan uji t untuk observasi yang berpasangan (paired sampel t-test) dengan tingkat signifikansi 5%. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan periode pengamatan 5 hari sebelum dan 5 hari sesudah pengumuman pemberlakuan PP No 1 Tahun 2014. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 17 perusahaan pertambangan yang tidak melakukan corporate action di sekitar peristiwa pengumuma pemberlakuan PP No 1 Tahun 2014. Hasil penelitian pada hipotesis pertama menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata abnormal return yang signifikan antara periode sebelum dan sesudah peristiwa pengumuman pemberlakuan PP No 1 Tahun 2014. Hasil ini mendukung konsep pasar efisien (efficient market hypothesis) dalam bentuk setengah kuat (semi-strong form) yang menyebabkan adanya investor yang menikmati abnormal return di sekitar peristiwa tersebut. Sedangkan hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa secara statistik tidak terdapat perbedaan yang signikan rata-rata trading volume activity sebelum dan sesudah peristiwa pengumuman pemberlakuan PP No 1 Tahun 2014. Hal ini berarti bahwa peristiwa pengumuman pemberlakuan PP No 1 Tahun 2014 tidak berpengaruh signifikan pada perbedaan rata-rata volume perdagangan saham pada rentang waktu pengamatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : M. Ghafur Wibowo.,SE.M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Larangan ekspor mineral mentah, event study, abnormal return, volume perdagangan.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Jul 2014 09:39
Last Modified: 27 Sep 2016 13:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13411

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum