TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PERAN BP4 DALAM SOSIALISASI HUKUM PERKAWINAN DI KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON JAWA BARAT

AHMAD MUNTAHA , NIM. 10350057 (2014) TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PERAN BP4 DALAM SOSIALISASI HUKUM PERKAWINAN DI KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON JAWA BARAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PERAN BP4 DALAM SOSIALISASI HUKUM PERKAWINAN DI KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON JAWA BARAT)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PERAN BP4 DALAM SOSIALISASI HUKUM PERKAWINAN DI KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON JAWA BARAT)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)

Abstract

Keberadaan BP4 sangat diperlukan untuk menciptakan iklim kondisi masyarakat yang kondusif menuju kehidupan yang berpengetahuan luas dan bersikap waspada terhadap problematika kompleks yang terjadi. BP4 Gunung Jati mempunyai tugas memberikan bimbingan, pendidikan dan penasihatan kepada masyarakat mengenai hukum perkawinan yang berlaku di Indonesia. Keberadaan makam salah satu wali dari walisongo di Kecamatan Gunung Jati tidak malah menjadikan pengetahuan masyarakatnya tentang hukum agama menjadi lebih baik, justru yang terjadi adalah sebaliknya pengetahuan mereka sangat kurang bahkan mengenai hukum perkawinan. Untuk itu pelaksanaan sosialisasi hukum perkawinan sangat diperlukan dan diharapkan dalam pelaksanaannya nanti mampu membuka pikiran masyarakat mengenai hukum perkawinan yang ada di Indonesia ini. Dengan demikian apakah sosialisasi hukum perkawinan ini terlaksana dengan baik ataukah tidak dan apa dampaknya terhadap masyarakat. Tujuan utama skripsi ini adalah untuk melihat sejauh mana dampak yang dirasakan masyarakat terhadap keberadaan BP4 di kecamatan Gunung Jati. Sehingga nantinya dapat terlihat apakah sudah optimal ataukah belum keberadaan BP4 di masyarakat. Penelitian pada skripsi ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan normatif dan sosiologis. Studi ini dikaji dengan metode deskriptif analitik, yaitu menganalisis gambaran yang terjadi di masyarakat terhadap keberadaan BP4 dan perannya dalam sosialisasi hukum perkawinan. Data yang diperoleh melalui hasil observasi, dokumentasi dan wawancara bersama masyarakat kecamatan Gunung Jati dan staf BP4 kecamatan Gunung Jati. Hasil kedua wawancara tersebut nantinya akan dibandingkan dan ditarik kesimpulan mengenai sejauh mana peran BP4 tersebut dalam sosialisasi hukum perkawinan. Adapun kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah BP4 kecamatan Gunung Jati telah melakukan kegiatan dalam upaya mensosialisasikan hukum perkawinan di masyarakat dengan mengadakan program kursus calon pengantin (SUSCATIN), penyampaian materi pada khotbah jum’at dan membuka praktek konsultasi hukum untuk masyarakat. Namun, kenyataan yang terjadi masyarakat belum banyak yang tahu dan belum mengelan BP4. Sehingga ketiga program kegiatan yang telah disebut tadi tidak tersosialisasikan dengan baik terhadap masyarakat, karena pihak BP4 sendiri masih menjalankan program dengan istilah menunggu bola. Berkaitan dengan hal tersebut, penyusun berharap kedepannya BP4 lebih memasyarakat lagi, sehingga masyarakat tahu siapa itu BP4 dan apa tugasnya dimasyarakat. Sehingga nantinya Hukum Perkawinan tersoisalisasikan dengan baik di masyarakat, dan tidak menutup kemungkinan hal tersebut akan menjadikan masyarakat lebih berwawasan luas dan dewasa dalam setiap menghadapi permasalahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Agus Moh.Najib, M.Ag
Subjects: Peradilan Islam
Peradilan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Jul 2014 11:28
Last Modified: 18 Apr 2016 15:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13422

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum