KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SE-KULON PROGO

MUNJI JAKFAR , NIM. 1220411175 (2014) KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SE-KULON PROGO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SE-KULON PROGO)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SE-KULON PROGO)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)

Abstract

Guru agama Islam di madrasah memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan kualitas pendidikan yang ada di madrasah. Guru agama yang baik adalah guru agama yang kompeten. Berdasarkan peraturan menteri agama (permenag) RI No.16 Tahun 2010, bahwa guru agama yang kompeten adalah guru yang memiliki 5 (lima) kompetensi, yaitu: kompetensi pedagogis, kepribadian, sosial, profesional dan kepemimpinan. Berdasarkan permenag tersebut, peneliti ingin mengungkap sejauhmana kompetensi kepemimpinan guru agama Islam, dan bagaimana pengembangan kompetensi kepemimpinannya, serta faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat pengembangan kompetensi kepemimpinan guru agama Islam yang ada di Madrasah Aliyah Negeri se-Kulon Progo. Teori yang digunakan dalam menganalisis kompetensi kepemimpinan guru agama adalah indikator-indikator kompetensi kepemimpinan guru agama Islam, sebagaimana yang tertuang dalam permenag RI No. 16 Tahun 2010. Kemudian dalam mengukur pengembangan kompetensi kepemimpinan guru agama Islam, peniliti mengkaji berdasarkan teori-teori pengembangan kompetensi guru. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field reseach), dengan subjek penelitian Kepala Madrasah Aliyah, Wakil Kepala Urusan Kurikulum, guru agama Islam dan siswa Madrasah Aliyah Negeri se-Kulon Progo. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan, (1) kompetensi kepemimpinan guru agama Islam Madrasah Aliyah Negeri se-Kulon Progo termasuk dalam kategori baik., (2) pengembangan kompetensi kepemimpinan guru agama Islam, yang telah dilakukan oleh guru agama Islam sendiri, serta pengembangan kompetensi yang telah dilakukan oleh Kepala Madrasah terhadap guru agama Islam termasuk dalam kategori baik., (3) faktor-faktor yang mendukung dalam pengembangan kompetensi kepemimpinan guru agama Islam adalah adanya motivasi guru agama Islam itu sendiri, keterlibatan guru dalam kegiatan-kegiatan keagamaan di madrasah, adanya perpustakaan yang ditunjang buku-buku yang komprehensif dan lengkap, adanya program pengembangan diri dalam bentuk diklat fungsional. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: waktu yang terbatas untuk bisa mengembangkan diri, dana pengembangan diri yang terbatas alokasinya, sarana yang ada di madrasah belum maksimal dalam menunjangap pengembangan kompetensi guru, kurangnya diklat fungsional bagi guru agama Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Imam Machali, S.Pd.I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kompetensi, kepemimpinan, dan guru agama.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Jul 2014 13:57
Last Modified: 28 Apr 2015 15:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13438

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum