UPAYA BADAN NARKOTIKA PROVINSI (BNP) YOGYAKARTA DALAM PENANGGULANGAN PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI KALANGAN ANAK (STUDI ATAS PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN ANAK)

TRI ADI MULYONO, NIM. 09340047 (2014) UPAYA BADAN NARKOTIKA PROVINSI (BNP) YOGYAKARTA DALAM PENANGGULANGAN PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI KALANGAN ANAK (STUDI ATAS PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN ANAK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA BADAN NARKOTIKA PROVINSI (BNP) YOGYAKARTA DALAM PENANGGULANGAN PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI KALANGAN ANAK (STUDI ATAS PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN ANAK))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (UPAYA BADAN NARKOTIKA PROVINSI (BNP) YOGYAKARTA DALAM PENANGGULANGAN PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI KALANGAN ANAK (STUDI ATAS PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN ANAK))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)

Abstract

Penyalahgunaan narkotika selama ini merupakan bahaya yang sangat besar bagi semua kalangan. Akan lebih berbahaya lagi jika anak yang menyalahgunakan narkotika. Dalam menanggapi masalah ini, sebagai tanggung jawab pemerintah dalam penyalahgunaan narkotika maka pemerintan membentuk lenbaga non kementrian yang bertugas dan berwenang dalam upanya penanggulangan penyalahgunaan narkotika di semua kalangan. Sesuai dengan Perpres No. 83 Th 2007 tentang Badan Narkotika Nasional, Badan Narkotika Propinsi, dan Badan Narkotika Kabupaten/Kota serta tugas dan wewenangnya ada dalam UU RI No. 35 Th. 2009 tentang Narkotika. Berangkat dari tugas dan wewenang BNP maka penyusun tertarik untuk meneliti bagaimana jika penyalahgunanya dilakukan oleh anak. Kemudian, tugas dan wewenang BNP terhadap anak dianalisis menggunakan Undang-undang perlindungan anak. Apakah upaya yang dilakukan BNP dalam usaha meminimalisir penyalahgunaan narkotika di kalangan anak dan apakah upaya yang dilakukan BNP dalam usaha meminimalisir penyalahgunaan narkotika di kalangan anak sudah sesuai dengan Undang-Undang Perlindungan Anak. Penelitian ini menggunakan fiel research di mana BNP menjadi obyeknya, yang diperkuat dengan dokumen-dokumen ataupun wawancara langsung dengan yang terkait, kemudian dari semua data yang diperoleh dianalisis menggunakan UU RI No 23. Th 2002. Tentang Perlindungan Anak. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa selama tahun 2012 terkait upaya badan narkotika propinsi DIY dalam penanggulangan penyalahgunaan narkotika yang dilakukan oleh anak, BNP DIY belum berjalan sesuai dengan tugas dan fungsinya. Hal ini terbukti dari usaha yang dilakukan yang berupa pencegahan, pemberantasan, rehabilitasi, dan pemberdayaan masyarakat bisa dikatakan hanya sebatas pencegahan dan pemberdayaan saja. Upaya BNP untuk menanggulangi penyalahgunaan narkotika ialah dengan pencegahan, pemberdayaan, dan pemberantasan. Bidang pencegahan, secara umum pelaksanaan kegiatannya adalah sosialisasi P4GN terhadap para pelajar, mahasiswa, pekerja baik swasta maupun PNS. Bidang pemberdayaan, bentuk pelaksanaan kegiatannya ialah menberdayakan sekolah yang bebas dari penyalahgunaan narkotika dengan cara mengadakan lomba sekolah bebas narkoba (LSBN). Bidang pemberantasan, melakukan upaya pemberantasa penyalahguna dan peredaran gelap narkoba dengan melakukan kegiatan pemetaan wilayah rawan penyalahguna, in

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ratnasari Fajariyah Abidin., S.H., M.H., dan Lindra Darnela., S.Ag., M.Hum.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Jul 2014 10:08
Last Modified: 28 Dec 2016 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13453

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum