PENGARUH AKP (ADALET VE KALKINMA PARTISI) TERHADAP LEMBAGA LEGISLATIF TURKI (THE GRAND NATIONAL ASSEMBLY) TAHUN 2007-2011

GUNARTO , NIM. 10370050 (2014) PENGARUH AKP (ADALET VE KALKINMA PARTISI) TERHADAP LEMBAGA LEGISLATIF TURKI (THE GRAND NATIONAL ASSEMBLY) TAHUN 2007-2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH AKP (ADALET VE KALKINMA PARTISI) TERHADAP LEMBAGA LEGISLATIF TURKI (THE GRAND NATIONAL ASSEMBLY) TAHUN 2007-2011)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH AKP (ADALET VE KALKINMA PARTISI) TERHADAP LEMBAGA LEGISLATIF TURKI (THE GRAND NATIONAL ASSEMBLY) TAHUN 2007-2011)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)

Abstract

Dalam tatanan kenegaraan terdapat beberapa aspek penting yang menjadi kriteria-kriteria sebagai sebuah negara yang berdaulat. Tatanan kenegaraan memberikan dampak yang signifikan terhadap kebijakan-kebijakan pemerintahan. Salah satunya adalah tatanan kenegaraan dari negara-negara yang mempunyai sejarah keislaman yang sangat besar dan disegani di dunia. Namun yang namanya sejarah adalah suatu peristiwa yang penting dan unik yang terjadi pada waktu yang lama dalam kata lain adalah masa lampau. Dalam hal ini sejarah masih sangat memberikan memorandum yang penting bagi suatu negara Muslim terbesar. Negara Turki memberikan contoh negara Muslim yang mempunyai tatanan kenegaraan yang bertolak belakang dengan sejarahnya. Turki menerapkan hukum barat yang berlawanan dengan hukum Islam. Pada dasarnya hal yang dilakukan negara Turki untuk menjadikan negara Turki menjadi negara yang maju dan modern. Oleh karena itu Turki menerapkan rancangan kenegaraan dengan mengambil ide-ide negara barat dan kemajuan kemoderannya. Dalam hal ini lembaga legislatif sangat berpengaruh dalam perkembangan pembaratan dan modernisasi yang direncanakan negara Turki. Turki menerapkan sistem pemerintahan parlementer, dimana pihak parlemen sebagai lembaga legislatif (TGNA) yang dalam bahasa Turki (Turkiye Buyuk Millet Meclisi) mempunyai fungsi yang sangat besar untuk mengambil dan menentukan suatu aturan (Undang-Undang). Penelitian ini merupakan jenis penelitian library research atau penelitian perpustakaan yaitu penelitian data yang diperoleh dari beberapa literatur-literatur dari perpustakaan yang sesuai dan mendukung penelitian. Teknik pengumpulan penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sumber yang berupa bukubuku dan dari sumber data sekunder yang berupa karya ilmiah skripsi, jurnal dan artikel lainnya yang relevan dengan pembahasan yang akan dikaji. Sumber data primer penelitian ini adalah berupa buku karya Ahmad dzakirin yang berjudul Kebangkitan Pos-Islamisme (Analisis Strategi dan Kebijakan AKP Turki Memenangkan Pemilu) dan buku-buku pendukung yang lain. Sedangkan sumber data sekunder berupa karya ilmiah (Skripsi, Jurnal), artikel, internet dan dokumen dari kedutaan besar Turki. Salah satunya data dari Skripsi dari M.Sya’roni Roffi yang berjudul Partai AKP dan Ideologi Islam di Turki Modern (2001-2007). Serta dari sumber-sumber pendukung yang lain. Sifat penelitian ini adalah deskriptifanalisis yaitu menganalisis pengaruh lembaga legislatif (TGNA) dalam perkembangan kenegaraan Turki. Setelah melakukan kajian dan analisa terhadap data yang terkumpul maka dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa perkembangan Islam di Turki sebagian besar dipengaruhi oleh peran AKP di parlemen dalam menentukan kebijakan dan aturan kenegaraan. Khususnya tentang sosial-keagamaan. AKP menjadi penggerak/alat berkembangnya Islam di Turki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Oman Fathurohman SW, MA.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Partai AKP, TGNA, Perubahan Sosial, Fiqh Siyasah Dusturiyah, Perkembangan ke-Islaman
Subjects: Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Jul 2014 10:18
Last Modified: 04 May 2016 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13456

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum