POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM (STUDI KASUS DI DUSUN DILEM, DESA KEBONREJO, KECAMATAN SALAMAN, KABUPATEN MAGELANG)

LAILY INDRIYATI , NIM. 10350021 (2014) POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM (STUDI KASUS DI DUSUN DILEM, DESA KEBONREJO, KECAMATAN SALAMAN, KABUPATEN MAGELANG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM (STUDI KASUS DI DUSUN DILEM, DESA KEBONREJO, KECAMATAN SALAMAN, KABUPATEN MAGELANG))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM (STUDI KASUS DI DUSUN DILEM, DESA KEBONREJO, KECAMATAN SALAMAN, KABUPATEN MAGELANG))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)

Abstract

Keluarga sakinah dapat diartikan sebagai keluarga yang berlandaskan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Ketenangan dalam keluarga sakinah harus didukung oleh seluruh anggota keluarga, ketenangan yang dicita-citakan akan terguncang apabila salah satu dari anggota keluarganya, misalnya seperti anak (dalam usia remaja) melakukan kenakalan. Oleh karena itu, keluarga sebagai lembaga yang fundamental harus memiliki pemahaman tentang ketahanan kehidupan keluarga agar terwujud keluarga yang baik, melahirkan generasi yang baik dan memberikan manfaat kebaikan kepada agama, masyarakat serta bangsa. Fenomena kenakalan remaja juga terjadi di Dusun Dilem. Pola asuh orang tua terhadap anak yang terjadi di Dusun Dilem, Desa Kebonrejo, Kecamatan Salaman, Kabupatan Magelang dan bagaimana analisis hukum keluaga Islam menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pola pengasuhan anak pada 7 keluarga di Dusun Dilem yang terkesan nakal dan susah diatur, kemudian dianalisis menurut hukum keluarga Islam. Penelitian ini merupakan field research yang bersifat Deskriptif Analisis. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang diperoleh langsung dari lapangan, melalui wawancara langsung dengan masing-masing keluarga, untuk mengetahui bagaimana pola pengasuhan anak yang diterapkan. Observasi langsung dan wawancara secara terpimpin dilakukan kepada 5 keluarga yang anaknya melakukan kenakalan remaja di Dusun Dilem, kemudian dianalisis menggunakan teori maqasid asy-syari’ah. Penulis menganalisis data yang terkumpul secara kualitatif, dan pendekatan yang digunakan untuk menganalisis adalah pendekatan normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua yang menggunakan pola asuh demokratis dan Otoriter dalam mencapai tujuan maqasid asy-syari’ah telah berhasil. Orang tua yang menggunakan model pola asuh permissiv kepada anakanaknya berpengaruh terhadap anak secara spiritualitas, budaya dan kecerdasan anak. Pola pengasuhan orang tua untuk hifz al mal pada anak yang melakukan kenakalan telah sesuai dengan maqasid asy-syari’ah, namun dalam penerapan hifz ad din pada 6 keluarga belum tercapai. Perlindungan terhadap hifz al ‘aql pada sebagian keluarga belum tercapai, karena masih melakukan mabuk-mabukan. Perlindungan hifz an nasl keluarga yang lain juga belum tercapai. Hal ini terjadi karena faktor rendahnya tingkat pendidikan keluarga, perekonomian keluarga dan lingkungan masyarakat. Para orang tua telah memberi contoh dan menasehati anak-anaknya, namun jika tidak disertai pengawasan dan penjagaan yang maksimal, maka hasilnya akan sama saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Ermi Suhasti, MSI.
Subjects: Peradilan Islam
Peradilan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Jul 2014 10:03
Last Modified: 19 Apr 2016 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13473

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum