PENGARUH KEBUTUHAN, PERSONAL SELLING, DAN KEMUDAHAN MENDAPATKAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA DALAM PENGAMBILAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BMT UMMAT WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

SANDI RAFLESIANI ALWI, NIM. 10390139 (2014) PENGARUH KEBUTUHAN, PERSONAL SELLING, DAN KEMUDAHAN MENDAPATKAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA DALAM PENGAMBILAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BMT UMMAT WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEBUTUHAN, PERSONAL SELLING, DAN KEMUDAHAN MENDAPATKAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA DALAM PENGAMBILAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BMT UMMAT WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEBUTUHAN, PERSONAL SELLING, DAN KEMUDAHAN MENDAPATKAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA DALAM PENGAMBILAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BMT UMMAT WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Mendominasinya akad pembiayaan membuat lembaga keuangan syariah, khususnya BMT berlomba-lomba mengoptimalkan segala kemampuannya guna memperoleh anggota sebanyak mungkin. Di sisi lain, dalam memenuhi kebutuhannya, calon anggota mempunyai banyak pertimbangan sebelum memutuskan untuk mengambil pembiayaan murābaḥ ah pada suatu lembaga keuangan tertentu. Keputusan pengambilan pembiayaan murābaḥ ah dipengaruhi oleh beberapa faktor. Oleh karena itu, penting bagi BMT untuk mengetahui faktorfaktor apa saja yang dapat mempengaruhi keputusan pengambilan pembiayaan murābaḥ ah tersebut. Sehingga dapat dijadikan bahan referensi dalam menentukan strategi-strategi guna mendapatkan dan mempertahankan para anggotanya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa faktor yang mempengaruhi keputusan anggota dalam mengambil pembiayaan murābaḥ ah di BMT UMMAT Wonosari Gunungkidul. Faktor yang diuji yaitu faktor kebutuhan, personal selling (penjualan pribadi), dan kemudahan mendapatkan produk. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara accidental sampling, serta pengumpulan data diperoleh dengan cara menyebar angket/kuesioner. Analisa data menggunakan metode Regresi Linier Berganda, yaitu analisis untuk mengetahui tingkat pengaruh variabel independen (kebutuhan, personal selling, dan kemudahan mendapatkan produk) terhadap variabel dependen (keputusan pengambilan pembiayaan murābaḥ ah/keputusan pembelian). Kesimpulan dalam penelitian ini, secara simultan, faktor kebutuhan, personal selling, dan kemudahan mendapatkan produk berpengaruh positif terhadap keputusan anggota dalam pengambilan pembiayaan murābaḥ ah. Sedangkan secara parsial, faktor kebutuhan berpengaruh positif, namun faktor personal selling tidak berpengaruh, dan faktor kemudahan mendapatkan produk juga tidak berpengaruh terhadap keputusan anggota dalam pengambilan pembiayaan murābaḥ ah di BMT UMMAT Wonosari Gunungkidul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Drs. A. YUSUF KHOIRUDDIN, SE., M.Si dan Dr. IBNU MUHDIR, M.Ag
Uncontrolled Keywords: faktor kebutuhan; personal selling; murabahah
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Jul 2014 15:03
Last Modified: 03 Jan 2025 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13510

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum