TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DAN IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN MEMBACA (QIRĀ’AH) BAHASA ARAB

ADE IRAWAN , NIM. 08420150 (2014) TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DAN IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN MEMBACA (QIRĀ’AH) BAHASA ARAB. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DAN IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN MEMBACA (QIRĀ’AH) BAHASA ARAB )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text ( TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DAN IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN MEMBACA (QIRĀ’AH) BAHASA ARAB )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ade Irawan. Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pengajaran Membaca (qirā‟ah) Bahasa Arab. Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis konsep tentang teori belajar konstruktivisme yang disebut juga dengan proses organisasi dan proses adaptasi, serta implikasi teori belajar tersebut dalam pengajaran membaca (qirā‟ah) bahasa Arab. Penelitian yang penulis kerjakan merupakan sebuah penelitian kualitatif dan merupakan sebuah penelitian pustaka (Library Research), yang dalam hal ini mengkaji tentang sebuah teori belajar yang telah dirumuskan seorang tokoh bernama Jean Piaget, oleh karena itu dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik dokumentasi yaitu dengan mengambil data-data, penulis menggunakan teknik dokumentasi yaitu dengan mengambil data dari bahan-bahan tertulis seperti buku, majalah, artikel, internet serta sumber-sumber lainnya yang terkait dengan penelitian ini. Adapun dalam menganalisa data-data tersebut penulis menggunakan metode analisa isi (content analisys) yang disajikan secara kualitatif dengan menggunakan cara berfikir deduktif. Dari hasil penelitian dapat disimpukan: 1). Teori Konstruktivisme yang disebut juga teori belajar konstruktivisme Piaget, merupakan sebuah teori belajar yang berpusat pada siswa dengan membentuk pengetahuannya, proses asimilasi dan akomodasi terhadap skema ini diatur otomatis oleh keseimbangan dalam pikiran siswa. Dengan cara ini pengetahuan siswa selalu berkembang. 2). Implementasi teori belajar konstruktisme membawa implikasi baik terhadap peserta didik, pengajar maupun materi dan cara penyampaian pelajaran, dimana implikasi tersebut mencakup perihal proses belajar , proses mengajar, dan teknik pengjaran memabaca (qirā‟ah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Nazri Syakur, M.A.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Jul 2014 14:38
Last Modified: 04 May 2017 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13526

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum