ANALISIS KONTRASTIF TERHADAP FONEM BAHASA ARAB DAN BAHASA JAWA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB

AHALANA DAROL MUQOMAH , NIM. 10420108 (2014) ANALISIS KONTRASTIF TERHADAP FONEM BAHASA ARAB DAN BAHASA JAWA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( ANALISIS KONTRASTIF TERHADAP FONEM BAHASA ARAB DAN BAHASA JAWA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text ( ANALISIS KONTRASTIF TERHADAP FONEM BAHASA ARAB DAN BAHASA JAWA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB)

Abstract

Ahalana Darol Moqomah, Analisis Kontrastif Terhadap Fonem Bahasa Arab dan Bahasa Jawa Serta Implikasinya Dalam Pengajaran Bahasa Arab. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Setiap bahasa memiliki fonem yang berbeda antara satu sama yang lainnya, begitupun antara bahasa Arab dan bahasa Jawa. Perbedaan fonem ini sering sekali menimbulkan inteferensi di dalam pembelajaran bahasa Arab bagi siswa Jawa serta menimbulkan kesalahan dalam berbahasa. Penelitian ini difokuskan pada fonem vokal dan konsonan dalam bahasa Arab dan bahasa Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan fonem bahasa Arab dan bahasa Jawa, menganalisis persamaan dan perbedaannya, memprediksi kesulitankesulitannya serta mencari solusinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kontrastif berbahasa, yaitu mendeskripsikan fonem bahasa Arab dan bahasa Jawa, membandingkan system fonemis kedua bahasa tersebut, memprediksi kesulitan yang dilakukan siswa Jawa dalam belajar bahasa Arab, mengurutkan bahan pengajaran dan mengurutkan cara untuk penyampaian bahan pengajaran. Dari hasil penelitian diketahui bahwa vokal bahasa Arab ada enam yang terbagi kedalam vokal pendek dan vokal panjang.Vokal pendek terdiri dari a, i, u dan vokal panjang terdiri dari ā, ī dan ū. Sementara vokal bahasa Jawa ada enam, yaitu a, i, u, e, ə dan o. Dari kedua fonem vokal bahasa Arab dan bahasa Jawa memiliki kesamaan yang cukup besar, bedanya hanya dalam vokal panjangnya, dimana dalam bahasa Jawa tidak ada vokal panjang. Untuk konsonan dalam bahasa Arab ada dua puluh delapan, yaitu / ,/ب ,/ل/ ,/ك/ ,/ق/ ,/ف/ ,/غ/ ,/ع/ ,/ظ/ ,/ط/ ,/ض/ ,/ص/ ,/ش/ ,/س/ ,/ز/ ,/ر/ ,/ذ/ ,/د/ ,/خ/ ,/ح/ ,/ج/ ,/ث/ ,/ت/ ي/ ,/ء/ ,/ھ/ ,/و/ ,/ن/ ,/م/ /. Dan konsonan dalam bahasa Jawa ada dua puluh tiga, yaitu /p/, /b/, /m/, /f/, /w/, /t/, /d/, /n/, /l/, /r/, /ṭ/, /ḍ/, /s/, /z/, /c/, /y/, /h/, /ŋ/, /ñ/, /j/, /g/, /k/ dan /?/. Konsonan bahasa Arab yang berbeda dengan bahasa Jawa adalah / ,/ز/ ,/ذ/ ,/خ/ ,/ح/ ,/ج/ ,/ث و/ ,/ن/ ,/ق/ ,/ف/ ,/غ/ ,/ع/ ,/ظ/ ,/ط/ ,/ض/ ,/ص/ ,/ش/ ,/س/ / dan yang lainnya sama. Dari perbedaan ini diprediksikan siswa Jawa akan mengalami kesulitan ataupun kesalahan dalam mengucapakan fonem yang berbeda itu. Berdasarkan perbandingan ini, maka pengajaran fonem bahasa Arab bagi siswa Jawa dimulai dari fonem-fonem yang memiliki kesamaan dan dilanjutkan kefonem yang memiliki perbedaan. Implikasi analisis kontrastif ini dalam pengajaran bahasa Arab diantaranya: penggunaan bahasa ibu sebagai mediator dalam pengajaran bahasa Arab, bahan pengajaran disusun berdasarkan hasil perbandingan, butir-butir yang berbeda antara B1 dan B2 dilatih secara intensif .Adapun metode yang bisa digunakan dalam penyampaian bahan pengajaran ini adalah metode fonetik dan kedwibahasaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Abdul Munip, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: Analisis Kontrastif, Fonem, bahasa Arab, bahasa Jawa, kesulitan berbahasa.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Jul 2014 14:46
Last Modified: 04 May 2017 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13528

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum