AHMAD NOVIANTO , NIM. 10470050 (2014) AKTUALISASI NILAI-NILAI ISLAM INKLUSIF DALAM PENDIDIKAN ISLAM ( KAJIAN PEMIKIRAN ABDURRAHMAN WAHID). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.
|
Text (AKTUALISASI NILAI-NILAI ISLAM INKLUSIF DALAM PENDIDIKAN ISLAM ( KAJIAN PEMIKIRAN ABDURRAHMAN WAHID))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6MB) | Preview |
|
![]() |
Text (AKTUALISASI NILAI-NILAI ISLAM INKLUSIF DALAM PENDIDIKAN ISLAM ( KAJIAN PEMIKIRAN ABDURRAHMAN WAHID))
BAB II, III.pdf Restricted to Registered users only Download (734kB) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
Ahmad Novianto. Aktualisasi Nilai-Nilai Islam Inklusif Dalam Pendidikan Islam (Kajian Pemikiran Abdurrahman Wahid). Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwasanya beberapa dekade ini bangsa Indonesia kerap menghadapi masalah intern masyarakatnya. Masalah yang berawal dari konflik yang berujung pada kekerasan antar kelompok masyarakat. Kasus kekerasan tersebut terjadi karena masyarakat yang kurang bisa memahami keragaman budaya dan serta ajaran-ajaran agama bagi para penganutnya. Dalam hal ini terdapat sebuah paradigma yang dikenal dengan paradigma Islam inkluif. Secara umum Islam inklusif adalah sebuah paradigma keterbukaan dalam beragama. Salah satu tokoh besar yang menggagas hal ini adalah Abdurrahman Wahid. Untuk merspon hal tersebut maka peneliti mengangkat topik penelitiannya “Aktualisasi Nilai-Nilai Islam Inklusif Dalam pendidikan Islam (Kajian Pemikiran Abdyrrahman Wahid)” Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan filosofis historis. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan metode content analysis, yaitu mencoba menafsirkan isi atau gagasan Abdurrahman Wahid tentang nilai-nilai Islam inklusif yang kemudian dianalisis dalam konteks pendidikan Islam. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pandangan Abdurrahman Wahid tentang Islam inklusif didasarkan pada nilai-nilai pluralisme dan nilai-nilai humanisme. Nilai-nilai pluralisme dapat diaktualisasikan dalam kehidupan sosial beragama berwujud sikap toleransi, kritis serta keterbukaan guna mewujudkan kerukunan beragama ditengah masyarakat yang plural. Kemudian nilai-nilai humanisme dapat diaktualisasikan dalam kehidupan sosial beragama berwujud sikap kasih dan sayang terhadap sesama manusia tanpa melihat latar belakang agamanya serta menekankan adanya keseimbangan antara hubungan manusia dengan Tuhannya dan hubungan manusia dengan sesama manusia guna tercipta seorang individu yang mempunyai sikap kesalihan normatif dan sosial. Dalam proses pembelajaran nilai-nilai Islam inklusif dapat diaktualisasikan dalam aspek pendidik, peserta didik, kurikulum serta metode pembelajaran. Aspek metode pembelajaran terdapat tiga macam metode yang digunakan dalam pendidikan Islam yang inklusif yaitu metode dialogis, metode inovatif dan metode keteladanan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing : Sibawaihi, M.Ag., M.A. |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Aktualisasi, Nilai-nilai Islam inklusif, Pendidikan Islam |
Subjects: | Kependidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1) |
Depositing User: | Miftahul Ulum [IT Staff] |
Date Deposited: | 10 Jul 2014 08:43 |
Last Modified: | 10 Jul 2014 08:43 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13530 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |