PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS XI DI MAN YOGYAKARTA III

CHANDRA WICAKSANA , NIM. 10411014 (2014) PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS XI DI MAN YOGYAKARTA III. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS XI DI MAN YOGYAKARTA III)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS XI DI MAN YOGYAKARTA III)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

CHANDRA WICAKSANA. Pembelajaran Aqidah Akhlak Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta III. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran aqidah akhlak lebih mengedepankan aspek afektif, baik nilai ketuhanan maupun kemanusiaan yang hendak ditanamkan dan ditumbuh kembangkan kedalam peserta didik. Mayoritas dalam proses pembelajaran aqidah akhlak di kelas hanya sebatas indoktinasi kepada peserta didik tanpa memperhatikan aspek pemahaman. Dalam pembelajaran aqidah akhlak, penguasaan guru akan materi dan pemahaman dalam memilih metode yang tepat untuk materi tersebut akan sangat menentukan keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang saat ini dianggap tepat dalam pembelajaran aqidah akhlak adalah melalui pendekatan kontekstual. Yang menjadikan permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning di Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta III dan saja faktor yang mempengaruhi keberhasilan penggunaan pendekatan Contextual Teaching And Learning pada pembelajaran aqidah akhlak kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta III. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta III. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta III. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukan: (1) Pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak Meliputi : Pertama, perencanaan. Perencanaan yang disusun oleh guru aqidah akhlak berupa penyusunan RPP sudah sesuai dengan tujuan yang akan dicapai dan mengedepankan proses pembelajaran yang membuat siswa berpartisipasi aktif dan mandiri. Kedua, pelaksanaan. Pembelajaran aqidah akhlak sudah melaksanakan komponen-komponen CTL yang meliputi tujuh komponen. Ketiga, evaluasi. Guru aqidah akhlak menilai kemajuan siswanya dengan menggunakan komponen penilaian sebenarnya (authentic assessment). (2) Pembelajaran aqidah akhlak dengan pendekatan CTL dapat dikatakan berhasil jika dalam pelaksanaannya guru menerapkan komponen-komponen CTL yang berlandaskan pada ketiga prinsip CTL , yaitu prinsip kesaling-bergantungan, diferensiasi dan pengorganisasian diri. Sedangkan bagi siswa, keberhasilan pembelajaran aqidah akhlak dengan pendekatan CTL dapat dilihat dari keaktifan, kreatifitas dan kemandiri siswa untuk mencapai standar tinggi yang telah ditentukan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Karwadi, M. Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Jul 2014 09:26
Last Modified: 10 Jul 2014 09:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13541

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum