NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BIMBINGAN ROHANI DI RUMAH SAKIT ISLAM HIDAYATULLAH YOGYAKARTA

ISNAINI SOLIQAH - NIM. 02410979, (2008) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BIMBINGAN ROHANI DI RUMAH SAKIT ISLAM HIDAYATULLAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BIMBINGAN ROHANI DI RUMAH SAKIT ISLAM HIDAYATULLAH YOGYAKARTA)
BAB 1, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BIMBINGAN ROHANI DI RUMAH SAKIT ISLAM HIDAYATULLAH YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk; yang pertama adalah mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan rohani di RSI Hidayatullah Yogyakarta, yang kedua, adalah mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang ada di dalam bimbingan rohani, dan yang ketiga, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan bimbingan rohani, yaitu berupa faktor pendukung dan juga faktor penghambatnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi peneliti dan dapat berguna bagi pengembangan bimbingan rohani di rumah sakit Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di rumah sakit Islam Hidayatullah Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif analitik, yaitu teknik yang digunakan terhadap suatu data yang telah dikumpulkan kemudian disusun, dijelaskan dan selanjutnya dianalisa. Adapun untuk menganalisa data kualitatif digunakan pola pikir induktif, yaitu cara menarik kesimpulan dengan berangkat dari fakta-fakta yang khusus menuju kesimpulan yang bersifat umum, atau dengan kata lain penulis mula-mula bergerak dari fakta-fakta khusus menuju ke sebuah statement yang menerangkan fakta-fakta itu. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus; dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Pelaksanaan bimbingan rohani di RSI Hidayatullah dilakukan oleh seksi kerohanian yang mempunyai petugas khusus untuk membimbing pasien. Bimbingan rohani dilakukan dalam satu minggu sebanyak tiga kali, dengan cara kunjungan keliling dari ruang perawatan satu ke ruang perawatan lain sesuai dengan jadwal yang telah dibuat oleh pihak rumah sakit. Selain kunjungan-kunjungan dan melakukan bimbingan secara langsung, juga disediakan buku khusus bagi pasien oleh pihak rumah sakit yang berisi doa-doa pendek, tuntunan ibadah dan bacaan dzikir. Bukubuku tersebut kemudian dibagikan kepada para pasien rawat inap di RSI Hidayatullah Yogyakarta 2) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam bimbingan rohani di RSI Hidayatullah Yogyakarta meliputi; nilai-nilai pendidikan keimanan yang meliputi nilai pendidikan aqidah, nilai-nilai pendidikan syariah atau ibadah. Selain itu bimbingan rohani di RSI Hidayatullah juga mengandung nilai-nilai pendidikan akhlak yang meliputi aspek akhlak kepada Allah, akhlak kepada diri sendiri dan akhlak kepada orang lain. Nilai-nilai tersebut terdapat dalam materi ataupun metode yang digunakan dalam pelaksanaan bimbingan rohani di RSI Hidayatullah Yogyakarta. 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan bimbingan rohani adalah: yang pertama faktor pendukung, meliputi; dukungan dari pihak rumah sakit, keikutsertaan para dokter dan tenaga paramedis untuk membantu keberhasilan bimbingan rohani, tenaga rohaniawan yang sudah berpengalaman, tanggapan positif dari para pasien, dan adanya dukungan dari keluarga pasien. Yang kedua faktor penghambat; kurangnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Radino, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Nilai, pendidikan Islam, bimbingan rohani, Rumah Sakit Islam Hidayatullah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 06 Jun 2012 22:01
Last Modified: 01 Aug 2017 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1358

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum