PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PRIBADI AUTISTIK PERSPEKTIF TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DI SEKOLAH KHUSUS AUTISME BINA ANGGITA YOGYAKARTA

IRFA MA’ALINA LI’ILLIYYINA , NIM. 10470042 (2014) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PRIBADI AUTISTIK PERSPEKTIF TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DI SEKOLAH KHUSUS AUTISME BINA ANGGITA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PRIBADI AUTISTIK PERSPEKTIF TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DI SEKOLAH KHUSUS AUTISME BINA ANGGITA YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PRIBADI AUTISTIK PERSPEKTIF TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DI SEKOLAH KHUSUS AUTISME BINA ANGGITA YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)

Abstract

Irfa Ma’alina Li’illiyyina. Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam terhadap Pribadi Autistik Prespektif Teori Belajar Behavioristik di Sekolah Khusus Bina Anggita Yogyakarta, Skripsi, Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Pendidikan tidak hanya berkonsentrasi pada penyampaian materi, tetapi bagamaina nilai-nilai yang terkandung pada setiap pengetahuan itu dapat diakulturasikan dalam kehidupan manusia sehingga dia dapat mencapai kehidupan yang lebih berarti dan kemuliaan dengan memberikan manfaat bagi dirinya maupun orang lain sekalipun dengan segala keterbatasannya yang dibawa sejak lahir. Manusia tetap membawa fitrah ketuhanannya, begitu pula dengan manusia yang memiliki kepribadian autistic. Anak autis bukan berarti tidak normal. Secara fisik mereka terlihat sehat. Kecerdasan otak pun cenderung sama dengan orang lain. Hanya saja mereka memiliki keterlambatan dalam tumbuh kembangnya. Oleh karena itu, perlu adanya perhatian khusus dalam menyampaikan pesan atau materi yang disampaikan kepada penyandang autis sesuai dengan tingkat perkembangannya. Berdsarkan asumsi di atas, maka pokok penelitian skripsi ini adalah sebagai berikut: pertama, Bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan Agama Islam bagi siswa autistic prespektif behavioristik di Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita? Kedua, Bagaimana perubahan perilaku siswa autis sebagai hasil dari penanaman nilai pendidikan Agama Islam di Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang memanfaatkan paradigma penelitian interpretatif dengan tujuan membangun makna berdasarkan data-data lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data yang akurat adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis difokuskan pada analisis data selama proses di lapangan melalui reduksi data, penyajian data, triangulasi dan verifikasi. Hasil penelitian ini penulis menyimpulkan, pertama, penanaman nilai-nilai pendidikan Agama Islam diberikan kepada siswa dengan prilaku autis melalui program pendidikan yang bertahap yang terdiri dari tahap observasi, penyusunan dan pelaksaan program, evaluasi dam tindak lanjut (follow up). Proses pembelajaran dilakukan secara tematik dengan memberikan materi belajar yang bersifat kongkrit. Metode yang digunakan adalah metode ABA (Applied Behavioral Analysis) sebagai penerapan dari teori behavioristik. Penguatan yang diberikan selama proses pemeliharaan nilai dengan penguatan positif. Kedua, penanaman nilai tersebut berdampak pada keteraturan siswa dalam melakukan aktivitas sehari-hari sesuai dengan norma Agama dan kedisiplinan dalam beribadah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Imam Machali, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Nilai, Pendidikan Agama Islam, Auitis, Behavioristik.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 Jul 2014 09:29
Last Modified: 15 Jul 2014 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13601

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum