PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KELAS IB SD N 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2013-2014

ARIFUDIN HIDAYAT , NIM. 10410053 (2014) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KELAS IB SD N 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2013-2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KELAS IB SD N 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2013-2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KELAS IB SD N 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2013-2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)

Abstract

ARIFUDIN HIDAYAT. Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Peningkatkan Prestasi Belajar Kelas IB SD N 1 Bantul Tahun Ajaran 2013-2014. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah dalam pengembangan kurikulum 2013, pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi dan karakter dianjurkan untuk menggunakan pendekatan ilmiah atau disebut pendekatan santifik. SD N 1 Bantul adalah sekolah mantan RSBI yang sudah terakreditasi A dan sebagai salah satu sekolah unggulan di Yogyakarta khususnya di Bantul yang dipercaya siap mengimplementasikan Kurikulum 2013. Tetapi pada kenyataannya penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam belum terlaksana sepenuhnya. Dan prestasi belajar yang dicapai siswa juga masih kurang memuaskan. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana penerapan pendekatan Saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas I di SD N 1 Bantul dan apakah penerapan pendekatan Saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan prestasi belajar di SD N 1 Bantul. Penelitian ini bertujuan menyempurnakan penerapan pendekatan Saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas I di SD N 1 Bantul dan mengetahui peningkatan prestasi belajar kelas I di SD N 1 Bantul setelah penerapan pendekatan Saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus terhadap 27 siswa. setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data meliputi reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan pendekatan Saintifik dalam pembelajaran PAI kelas IB SD N 1 Bantul secara garis besar tahap-tahap pada pendekatan saintifik seperti mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan membentuk jejaring sudah terlaksana sepenuhnya dengan baik. 2) Adanya peningkatan prestasi belajar ranah kognitif dan afektif siswa kelas IB SD N 1 Bantul dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam setelah menerapkan pendekatan Saintifik. Pada ranah kognitif sudah bisa dibuktikan pada persentase ketuntasan dari pra tindakan, post test siklus I sampai post test siklus II yaitu dari hasil yang tidak baik (14,81%), cukup baik (62,96%) menjadi baik (77,78%). Sedangkan prestasi belajar ranah afektif bisa dibuktikan dari nilai rata-rata seluruh aspek pada siklus I ke siklus II yaitu dari hasil yang cukup (2,44) menjadi baik (2,99).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Munawwar Khalil, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 Jul 2014 11:37
Last Modified: 02 Aug 2017 11:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13603

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum