NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM NOVEL 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA: PERJALANAN MENAPAK JEJAK ISLAM DI EROPA DAN RELEVANSINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

AKHID NUR KHOLIS PRATAMA, NIM. 10410060 (2014) NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM NOVEL 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA: PERJALANAN MENAPAK JEJAK ISLAM DI EROPA DAN RELEVANSINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM NOVEL 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA: PERJALANAN MENAPAK JEJAK ISLAM DI EROPA DAN RELEVANSINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM NOVEL 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA: PERJALANAN MENAPAK JEJAK ISLAM DI EROPA DAN RELEVANSINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)

Abstract

AKHID NUR KHOLIS PRATAMA. Nilai-Nilai Toleransi Dalam Novel 99 Cahaya di Langit Eropa : Perjalanan Menapak Jejak Islam di Eropa Dan Relevansinya Terhadap Tujuan Pendidikan Agama Islam : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa Toleransi pada dasarnya berkaitan dengan problem yang terbesar dalam keberagaman manusia yaitu kesadaran antar umat beragama akan keniscayaan keberagaman. Munculnya berbagai anggapan bahwa konflik yang terjadi di Negara Indonesia ini disebabkan karena adanya perbedaan keyakianan antara manusia yang satu dengan yang lainnya. Agama seolah menjadi motor penggerak berbagai konflik dan kerusuhan. Pandangan demikian disisi lain seolah-olah menyodorkan bahwa ajaran agama yang satu dengan yang lainnya memang bertentangan dan konflik yang terjadi di masyarakat merupakan konsekuensi logis dari perbedaan tersebut. Penyampaian pesan toleransi kini lebih bisa tersampaikan dalam bentuk bentuk bingkai novel. Toleransi antar umat beragama dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa salah satu penelitian yang bertujuan untuk menganalisis proses penyerapan dan penyampaian beragamnya manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Dan kaitannya terhadap tujuan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil objek penelitian novel 99 Cahaya di langit Eropa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah content analysis/analisis isi yaitu penelitian yang dilakukan terhadap informasi yang didokumentasikan dalam rekaman, baik gambar, suara ataupun tulisan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Nilai-Nilai toleransi yang terdapat pada novel 99 Cahaya di Langit Eropa adalah: (a) Mengakui hak setiap orang; (b) Menghormati keyakinan orang lain; (c) Agree in Disagreement; (d) Saling mengerti; (e) Kesadaran dan Kejujuran dan (f) Jiwa falsafah pancasila (2) Dari segi Relevansi antara nilai toleransi dengan tujuan Pendidikan Agama Islam terdapat dalam beberapa aspek di antaranya: (a) Dimensi keyakinan (b) Dimensi pemahaman (c) dimensi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Munawwar Khalil, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 Jul 2014 14:25
Last Modified: 02 Aug 2017 11:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13609

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum