PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN HADITS KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA

ARI NURCAHYATI , NIM.10410143 (2014) PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN HADITS KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN HADITS KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN HADITS KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)

Abstract

ARI NURCAHYATI. Analisis Pengembangan Materi Pembelajaran Hadits Kelas VII di SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah dalam mengembangkan dan mengorganisasikan materi pembelajaran memerlukan dasar pertimbangan jelas dan harus mengacu pada prinsip pengembangan kurikulum. Namun pada kenyataannya, seringkali materi pembelajaran tidak dikembangkan oleh pendidik, serta tidak dipilih dan diurutkan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak sehingga pembelajaran berjalan kurang efektif. SMP Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta merupakan sekolah yang memadukan antara kurikulum pondok pesantren dan kurikulum Diknas. Kurikulum pondok pesantren mengacu pada kurikulum yang disusun PWM DIY yang kemudian dikembangkan sendiri oleh pihak sekolah sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana prosedur atau langkah dalam mengembangkan materi pembelajaran Hadits kelas VII serta menganalisis dengan kritis pengorganisasian materi pembelajarannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMP MBS Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah kemudian ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan tiga modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda, metode ganda, dan waktu pengumpulan ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengembangan materi pembalajaran mata pelajaran Hadits dilakukan melalui tiga tahap yaitu menentukan tema, menentukan materi dan deskripsi materi serta tahap ketiga adalah mengumpulkan bahan dan menyusun materi pembelajaran. Pemilihan materi pembelajaran Hadits kelas VII sudah dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa aspek, diantaranya adalah kesahihan (validitas), tingkat kepentingan, kebermaknaan, layak dipelajari, dan menarik minat. (2) Materi pembelajaran mata pelajaran Hadits sudah disusun dengan memperhatikan kriteria pengorganisasian materi pembelajaran yang efektif. Kriteria pengorganisasian materi pembelajaran yang efektif diantaranya adalah cakupan materi (scope), urutan materi (sequence), dan keterpaduan. Dalam menyusun materi pembelajaran Hadits, masih terdapat beberapa kekurangan diantaranya adalah (a) indikator pembelajaran tidak dicantumkan dalam buku, (b) tidak dilengkapi dengan evaluasi, (c) dalam beberapa bab, penjabaran materi masih terlalu sedikit atau kurang mendalam dan (d) sumber buku atau daftar pustaka tidak dicantumkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr.Sabarudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pengembangan, Materi Pembelajaran, Hadits.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 Jul 2014 14:27
Last Modified: 02 Aug 2017 11:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13610

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum