UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI KETERAMPILAN BERTANYA DASAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NOLOBANGSAN YOGYAKARTA

ASMAWATI MUNAWAROH , NIM. 10411036 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI KETERAMPILAN BERTANYA DASAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NOLOBANGSAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI KETERAMPILAN BERTANYA DASAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NOLOBANGSAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI KETERAMPILAN BERTANYA DASAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NOLOBANGSAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)

Abstract

ASMAWATI MUNAWAROH. Upaya Meningkatkan Kreativitas Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Keterampilan Bertanya Dasar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Nolobangsan Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini, Kreativitas pada siswa perlu ditumbuhkan pada anak sejak usia dini dan salah satu yang dapat meningkatkan kreativitas siswa adalah dalam pembelajaran PAI melalui keterampilan bertanya dasar. Idealnya pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berlangsung dengan meningkatkan kreativitas siswa agar dapat berkomunikasi dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulisan, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya manusia Indonesia, maka dibutuhkan suatu kreativitas. Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas IV SD Negeri Nolobangsan Yogyakarta masih menggunakan metode monoton sehingga kurang dapat menumbuhkan kreativitas belajar. Di dalam mengajar dibutuhkan seorang guru yang benar-benar profesional, yang mana seorang guru tidak hanya dituntut untuk bisa mengajar saja, dan juga menguasai kelas, namun jauh dari itu seorang guru harus memiliki ilmu pengetahuan dan skill yang banyak, sehingga dapat menyampaikan ilmu yang diajarkannya kepada peserta didik. Banyak kita temuai terkadang seorang guru hanya asal-asalan saja didalam mengajar, dan tidak mempunyai keterampilan, namun tetap saja mengajar sehingga hasilnya tidak maksimal, oleh karena itu perlu keterampilan khusus yang dimiliki oleh seorang guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil latar SD Negeri Nolobangsan Kelas IV. Pengumpulan data dengan skala kreativitas pembelajaran PAI, modul keterampilan bertanya dasar dan operasional variabel. Analisis data yang digunakan adalah analisis teknik uji beda (t-test) dengan metode induktif, objektif, dan ilmiah dimana data yang diperoleh berupa angkaangka (score, nilai) atau pernyataan-pernyataan yang dinilai, dan dianalisis dengan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kreativitas siswa, pada saat sebelum (Pre-Test) dan sesudah (Post-Test) diberi pembelajaran dengan menggunakan keterampilan bertanya dasar. Diberi keterampilan bertanya dasar nilai rerata= -10,313 dengan t= -4,994 dan p= 0,000, ini artinya bahwa keterampilan bertanya dasar mampu meningkatkan kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Eva Latipah, M. Si
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 Jul 2014 14:33
Last Modified: 02 Aug 2017 11:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13612

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum