EFEKTIVITAS BI’AH LUGAWIYAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL-KALLAM MAHASISWA ANGKATAN TAHUN 2012 JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

MUHAMMAD SIROJUDIN NUR , NIM. 10420020 (2014) EFEKTIVITAS BI’AH LUGAWIYAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL-KALLAM MAHASISWA ANGKATAN TAHUN 2012 JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS BI’AH LUGAWIYAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL-KALLAM MAHASISWA ANGKATAN TAHUN 2012 JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS BI’AH LUGAWIYAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL-KALLAM MAHASISWA ANGKATAN TAHUN 2012 JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)

Abstract

Muhammad Sirojudin Nur. “Efektivitas Bi’ah Lugawiyah dan Pengaruhnya Terhadapa Prestasi Belajar Al-Kalam Mahasiswa Angkatan Tahun 2012 Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas bi’ah lugawiyah dan prestasi belajar al-kalam dan untuk mengetahui Pengaruh efektivitas bi’ah lugawiyah terhadap prestasi belajar al-Kalammahasiswa angakatan tahun 2012 Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Sumber data yang digunakan adalah sampel 33 orang dari populasi 109 orang, dan teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakananalisis regresi linier sederhana, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh efektivitas bi’ah lugawiyah terhadap prestasi belajar alkala m. Berdasarkan hasil analisis data: (1) efektivitas bi’ah lugawiyah mahasiswa angatan tahun 2012 Jurusan Pendidikan Bahasa Arab dengan jumlah 33 mahasiswa dapat diketahui bahwa sebanyak 17 mahasiswa dengan presentase 51,52% berada pada kategori sedang, 5 mahasiswa dengan presentase 15,15% berada pada kategori tinggi, dan 11 mahasiswa dengan presentase 33,33% berada pada kategori rendah; (2) prestasi belajar al-kalamdengan jumlah 33 mahasiswa dapat diketahui bahwa sebanyak 26 mahasiswa dengan presentase 78,79% berada pada kategori sedang, 7 mahasiswa dengan presentase 21,21% berada pada kategori tinggi, dan tidak ada mahasiswa pada kategori rendah; (3) terdapat pengaruh efektivitas bi’ah lugawiyah terhadap prestasi belajar al-kalamdengan hasil nilai t besarnya signifikansi 0,048 lebih kecil dari 0,05. Dan besarnya koefisien determinasi yaitu 0,121, hal ini mengandung pengertian bahwa pengaruh efektivitas bi’ah lugawiyah dengan prestasi belajar al-kalamadalah 12,1%, sedangkan 87,9% (100%-12,1%) dipengaruhi oleh variabel lain selain veriabel efektivitas bi’ah lugawiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembimbing : Dr. Sembodo Ardi Widodo, S.Ag, M.Ag
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Jul 2014 09:17
Last Modified: 21 Jul 2017 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13631

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum