PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR ) 1 SMK MUHAMMADIYAH 2 PLAYEN TAHUN AJARAN 2013/2014

NANIK ROFIAH , NIM. 10420089 (2014) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR ) 1 SMK MUHAMMADIYAH 2 PLAYEN TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR ) 1 SMK MUHAMMADIYAH 2 PLAYEN TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR ) 1 SMK MUHAMMADIYAH 2 PLAYEN TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)

Abstract

NANIK ROFIAH. Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan (Teknik Kendaraan Ringan) 1 SMK Muhammadiyah 2 PLayen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014 Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya minat peserta didik untuk belajar bahasa Arab khususnya kelas X Teknik Kendaraan Ringan (Teknik Kendaraan Ringan) 1 SMK Muhammadiyah 2 Playen. Rendahnya minat belajar tersebut ditunjukkan pada hasil/nilai evaluasi yang dilakukan oleh guru. Proses pembelajaran sudah dilakukan semaksimal mungkin akan tetapi kemampuan siswa dalam belajar bahasa Arab masih rendah. Munculnya problem tersebut selain bahasa Arab memang bahasa yang tidak mudah untuk dipelajari juga pengaruh dari lingkungan sosial siswa yaitu lingkungan sekolah, masyarakat dan keluarga. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi inspirasi/acuan bagaimana menghadapi dan menanggulangi problematika dalam pembelajaran bagi para pembaca yang mengalami problematika serupa tentang pembelajaran bahasa Arab. Objek penelitian ini adalah, pesrta didik kelas X Teknik Kendaraan Ringan (Teknik Kendaraan Ringan) 1 SMK Muhammadiyah 2 Playen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian adalah proses pembelajaran bahasa Arab di kelas X Teknik Kendaraan Ringan (Teknik Kendaraan Ringan) 1 SMK Muhammadiyah 2 Playen berjalan dengan baik seperti guru berusaha menggunakan metode pembelajaran yang telah di kuasai seperti metode ceramah dan metode tanya jawab untuk menggali semagat peserta didik. Metode yang telah dilakukan dengan sedemikian rupa tetapi belum sepenuhnya bisa menghadapi problematika pembelajaran yang ada. Materi pelajaran termasuk pada materi sederhana, akan tetapi siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan (Teknik Kendaraan Ringan) 1 masih mengalami kesulitan. Problematika pembelajaran bahasa Arab di kelas X Teknik Kendaraan Ringan (Teknik Kendaraan Ringan) 1 SMK Muhammadiyah 2 Playen adalah terbatasnya waktu pembelajaran dengan kemampuan siswa yang berbeda-beda. Selain itu problematika yang muncul adalah problematika linguistik,non linguistik, dan problematika sosiologis. Kemudian yang terakhir adalah hasil pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 2 Playen belum berhasil, karena peserta didik belum bisa menguasai materi pelajaran ditandai dengan hasil nilai ujian belum memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H Zainal Arifin Ahmad M, Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Problematika, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Jul 2014 09:24
Last Modified: 21 Jul 2017 14:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13633

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum