IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KI HAJAR DEWANTARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

AHMAD BUSTOMI , NIM. 09420179 (2014) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KI HAJAR DEWANTARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KI HAJAR DEWANTARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KI HAJAR DEWANTARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)

Abstract

Ahmad Bustomi, Implementasi Pendidikan Karakter Ki Hajar Dewantara dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Latar belakang penelitian ini adanya kondisi yang memprihatinkan pada karakter dan budaya Bangsa ini terutama pada generasi muda, ditambah dengan pembelajaran di sekolah-sekolah yang menjadi ujung tombak pendidikan dalam mentransformasikan nilai-nilai karakter dan budaya Bangsa ternyata hanya sekedar transfer ilmu dan jauh dari yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana konsep pendidikan karakter menurut Ki Hajar Dewantara dan bagaimana implementasinya dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini termasuk dalam kategori / jenis penelitian kepustakaan library research atau penelitian pustaka, yaitu menghimpun data dengan cara menggunakan bahan-bahan tertulis, seperti: buku, artikel, surat kabar, majalah, dan dokumen lainnya, yang sekiranya terdapat relevansi dengan tema penelitian. Adapun data dalam penelitian ini terdiri dari data primer yaitu data pokok yang digunakan sebagai bahan utama dalam kajian penelitian yang berhubungan langsung dan data sekunder yaitu referensi atau data-data penunjang yang secara tidak langsung bersinggungan dengan tema penelitian. Pengolahan data yang dipakai adalah metode deskriptif analitik, yakni setelah data terkumpul, maka diklasifikasikan sesuai dengan masalah yang dibahas dan dianalisa isinya (content analysis), dibandingkan antara data yang satu dengan yang lainnya, kemudian diinterpretasikan dan ahirnya diberi kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Konsep metode pendidikan dan pengajaran “dalam hal ini pendidikan karakter” telah terangkum dalam satu sistem yang dikenal dengan “among methode”atau sistem among yang berarti pembiasaan, pengajaran, dan teladan, sedangkan implementasinya di dalam tiaptiap pembelajaran bahasa Arab baik yang mengarah kepada pembelajaran yang lebih cenderung kepada kemahiran Qira’ah, Kitabah, Istima maupun Kalam dilakukan dengan pembiasaan, pengajaran dan teladan. Adapun penelitian skripsi ini diharapkan berguna secara teoritis akademis dapat memperkaya khazanah keilmuan dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi upaya pengembangan pendidikan dan pembelajaran bahasa Arab yang lebih baik dan bermutu dan secara praktis empiris sebagai masukan bagi guru tentang pembelajaran yang sarat akan nilai-nilai karakter secara umum, terlebih guru bahasa Arab khusunya, orang tua, dan instansi-instansi yang bernaung dalam pendidikan termasuk peneliti sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ustadz Radjasa Muktasim, M. Si
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Jul 2014 10:00
Last Modified: 04 May 2017 14:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13645

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum