PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA TUNANETRA DI MTS YAKETUNIS YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2013-2014

M. SALWA ARRAID , NIM. 07420053 (2014) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA TUNANETRA DI MTS YAKETUNIS YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2013-2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA TUNANETRA DI MTS YAKETUNIS YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2013-2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA TUNANETRA DI MTS YAKETUNIS YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2013-2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)

Abstract

M. SALWA ARRAID (07420053). Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa Tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta Tahun Akademik 2013-2014. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran merupakan faktor penunjang dalam mewujudkan tujuan pendidikan. Namun kenyataannya yang terjadi media pembelajaran yang khusus bagi siswa tunanetra sangat terbatas. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang media yang digunakan untuk siswa tunanetra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media apa saja yang digunakan dalam Pembelajaran Bahasa Arab, mendeskripsikan dan menganalisis tentang penggunaan media pembelajaran Bahasa Arab di MTs Yaketunis Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penggunaan media dalam pembelajaran bahasa Arab pada anak tunanetra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengambil latar MTs Yaketunis Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi menggunakan pendekatan pedagogis. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan: 1) Guru melaksanakan proses pembelajaran Bahasa Arab menggunakan berbagai macam media pembelajaran, yaitu: media cetak berupa al-Qur’an Braille, buku kaidah Arab Braille, dan kartu mufradat Braille, media audio berupa tape recorder, kaset dan CD pembelajaran, media audio visual berupa laptop dan komputer, serta media lingkungan. 2) Dalam menggunakan media pembelajaran, guru memiliki berbagai cara. Cara menggunakan media pembelajaran tersebut tergantung kepada sifat dan bentuk dari media yang digunakan. Misalnya guru memutar rekaman materi pelajaran menggunakan tape recorder untuk menyampaikan materi istima’, menggunakan kartu mufradat Braille untuk menyampaikan mufradat, dll. 3) Faktor pendukungnya adalah keterampilan dan kreatifitas guru dalam memanfaatkan media, motivasi guru, siswa serta kebijakan sekolah. Sedangkan faktor penghambat dalam penggunaan media adalah belum adanya buku pegangan dalam bentuk Braille, ketersediaan sarana yang belum lengkap, serta kurangnya kemampuan siswa dalam penguasaan huruf Arab Braille.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurhadi, M.A
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Media Pembelajaran, Tunanetra, Yaketunis
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Jul 2014 08:36
Last Modified: 21 Jul 2017 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13656

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum