STRATEGI GURU DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN PAI YANG BERMAKNA (MEANINGFUL LEARNING) DI SMK N 1 SAPTOSARI GUNUNGKIDUL

YULI SETIA BUDI , NIM.10411074 (2014) STRATEGI GURU DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN PAI YANG BERMAKNA (MEANINGFUL LEARNING) DI SMK N 1 SAPTOSARI GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN PAI YANG BERMAKNA (MEANINGFUL LEARNING) DI SMK N 1 SAPTOSARI GUNUNGKIDUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN PAI YANG BERMAKNA (MEANINGFUL LEARNING) DI SMK N 1 SAPTOSARI GUNUNGKIDUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)

Abstract

YULI SETIA BUDI. Strategi Guru dalam Mewujudkan Pembelajaran PAI yang Bermakna (Meaningful Learning) di SMK N 1 Saptosari Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran PAI selama ini cenderung menekankan aspek kognitif. Peran guru masih sebagai sumber belajar belum berperan menjadi seorang fasilitator. Strategi dan metode yang digunakan masih didominasi dengan ceramah. Pendidikan agama islam seharusnya harus bisa menanamkan aspek kognitif,afektif dan psikomotor mengingat materi yang diajarkan bukan hanya untuk dihafal namun harus dimaknai dan diterapkan dalam kehidupan peserta didik. Pembelajaran bermakna merupakan salah satu solusi untuk mewujudkan pembelajaran tersebut. Materi yang disampaikan dikaitkan dengan konsep yang dimiliki peserta didik atau keadaan yang ada di lingkungan mereka. Dalam kenyataanya belum semua sekolah menerapkan pembelajaran ini. Ada strategi yang digunakan guru dalam rangka mewujudkan pembelajaran PAI yang bermakna di SMK N 1 Saptosari. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru dalam mewujudkan pembelajaran PAI yang bermakna dan bagaimana hasil pembelajaran yang dilakukan di SMK N 1 Saptosari. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang strategi guru dalam mewujudkan pembelajaran PAI yang bermakna dan bagaimana hasil pembelajaran yang dilakukan di SMK N 1 Saptosari. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar SMK N 1 Saptosari. Subyek penelitian ini adalah guru PAI, kepala sekolah, dan siswa SMK N 1 Saptosari sedangkan obyek penelitiannya adalah proses pembelajaran serta strategi yang digunakan guru dalam mewujudkan pembelajaran PAI yang bermakna. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologis. Metode berfikir dalam analisis data penelitian bersifat induktif dengan menghimpun dan menggabungkan kata-kata khusus menjadi kesatuan informasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Strategi guru dalam mewujudkan pembelajaran PAI yang bermakna di SMK N 1 Saptosari adalah menggunakan strategi belajar konsep, CTL, role playing, jigsaw, dan quantum theaching. Guru menggunakan media visual dan audio visual, guru juga sebagai suri.Kegiatan pendukung pembelajaran bermakna yaitu sholat dhuha dan dzuhur berjamaah, keputrian, dan pelaksaan infak, zakat dan qurban. Kendala yang dihadapi guru antara lain kurangnya media bantu, pembelajaran setelah olah raga dan jam siang, minat peserta didik, dan alokasi waktu yang diberikan kurang (2) Hasil dari pembelajaran PAI yang bermakna berupa peningkatan motivasi belajar, mudah memahami materi, penerapan dalam keseharian, dan perubahan sikap dan perilaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Bermakna, SMK N 1 Saptosari.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Jul 2014 08:55
Last Modified: 18 Jul 2014 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13665

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum