EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI PENDEKATAN WAWASAN LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN

TIN SUBEKTI ZAIDAH DARAJAT , NIM. 09690004 (2014) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI PENDEKATAN WAWASAN LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI PENDEKATAN WAWASAN LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text ( EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI PENDEKATAN WAWASAN LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara siswa yang mengikuti pembelajaran model Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui pendekatan wawasan lingkungan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran fisika dengan metode demonstrasi, (2) pencapaian kemampuan berpikir kreatif, (3) efektivitas pembelajaran menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berwawasan lingkungan dibandingkan pembelajaran dengan metode demonstrasi terhadap keterampilan berpikir kreatif, dan (4) tingkat keterlaksanaan penggunaan model Contexual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan pretest-postest control group design. Variabel yang digunakan meliputi variabel bebas berupa pembelajaran dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui pendekatan wawasan lingkungan serta variabel terikat berupa keterampilan berpikir kreatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sehingga kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas X-2 dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa pretest-posttest dan lembar observasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran (rating scale) dan soal pretest-posttest. Data rating scale dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan data soal pretest-posttest dianalisis menggunakan statistik inferensial (analisis uji-t dengan taraf signifikansi 5%) Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara siswa yang mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui wawasan lingkungan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi, (2) kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, (3) pembelajaran dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih efektif dibandingkan dengan kelas kontrol (4) keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunkan Contextual Teaching and Learning (CTL) dikategorikan baik dengan prosentase 79,22%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Winarti, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Keywords:Contextual Teaching and Learning (CTL), berwawasan lingkungan, keterampillan berpikir kreatif.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Jul 2014 09:15
Last Modified: 15 Feb 2016 10:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13684

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum