MAKNA SUKSES DALAM IKLAN POLITIK ARB FOR PRESIDENT 2014 VERSI MOTIVASI UNTUK ANAK INDONESIA (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE )

KHOERUL ANWAR, NIM. 07730098 (2014) MAKNA SUKSES DALAM IKLAN POLITIK ARB FOR PRESIDENT 2014 VERSI MOTIVASI UNTUK ANAK INDONESIA (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MAKNA SUKSES DALAM IKLAN POLITIK ARB FOR PRESIDENT 2014 VERSI MOTIVASI UNTUK ANAK INDONESIA (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE ))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MAKNA SUKSES DALAM IKLAN POLITIK ARB FOR PRESIDENT 2014 VERSI MOTIVASI UNTUK ANAK INDONESIA (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE ))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)

Abstract

Penggunaan media massa sebagai mediator dalam pengantar pesan akan berdampak pada proses internalisasi makna sebuah objek kepada khalayak. Hal tersebut dapat dilihat dalam iklan politik ARB sebagai presiden tahun 2014 versi Motivasi untuk Anak Indonesia. Iklan ini sebenarnya merupakan sebuah model iklan personal branding (Amplifies Figure) danPencitraan Politik. Bagaimanapun, jika pesan yang disampaikan secara dekat, mengandung pesan moral yang sulit untuk dipisahkan. Secara pasti, iklan ini meletakkan pesan moral ARB yang politis yang mengandung nilai-nilai motivasi untuk perkembangan Anak Indonesia sebagai bentuk model iklan untuk memotivasi anak muda. Rumusan Masalah penelitian ini adalah bagaimana pesan sukses dalam iklan poltik “ARB Untuk President 2014” versi Motivasi Anak Indonesia berdasarkan Analisis Semiotika FerdinandA De Sausure. Sementara Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan pesan sukses dalam iklan politik “ARB Untuk President 2014” versi Motivasi untuk Anak Indonesia. Metode penelitian kali ini menggunakan pendekatan Kualitatif, pesan bahwa data analisis dan menggambarkan keadaan hari ini yang dideskripisikan oleh Subjek, Objek dan Data lain dalam penelitian kali ini berdasarkan data faktual. Hasil penelitian ini pertama, berdasarkan penanda dan petanda terdapat beberapa pesan yang menginspirasi dan stimulant Motivasi, baik verbal maupun non-verbal (visual), penggunaan visualisasi figur Achmad Bakrie dengan gambar usaha kerja kerasnya dalam memimpin petani dan pada akhir iklan tersebut terda[pat gambaran bahwa Bakrie merupakan sosok yang mumpuni dengan kesuksesan bisnisnya. Kemudian teks (verbal) iklan ARB tentang kelulusan sekolah ayahnya, bahwa walau hanya lulusan SR (sekolah Rakyat), ayahnya mempunyai karyawan sebanyak 10.000, apalagi masyarakat yang lulus SMA. Kedua, berdasarkan beberapa gambar dan simbol terdapat simbol yang digunakan untuk memotivasi kepada generasi muda untuk berani bermimpi. Teks “Berani Bermimpi” dan “Berani Melangkah” bagi setiap pelajar mempunyai kesempatan yang sama untuk sukses, walaupun di tengah ekonomi dan fisik yang terbatas. Ketiga, terdapat adegan dengan satu pesan motivasi berserta elemen politik yang kentara, seperti yang tertera di adegan ketiga yang di mana terdapat dua pelajar membawa banner yang bertuliskan “ARB untuk Presiden 2014”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Rama Kertamukti, M.Sn
Uncontrolled Keywords: Keywords: Political Advertising, Semiotics Analysis Ferdinand de Saussere
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Jul 2014 09:52
Last Modified: 08 Jan 2016 10:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13713

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum