STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. ARAH DUNIA TELEVISI DALAM MENDAPATKAN KLIEN

RIZA SWASTIKA , NIM. 10730027 (2014) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. ARAH DUNIA TELEVISI DALAM MENDAPATKAN KLIEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. ARAH DUNIA TELEVISI DALAM MENDAPATKAN KLIEN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. ARAH DUNIA TELEVISI DALAM MENDAPATKAN KLIEN)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran PT. Arah Dunia Televisi dalam mendapatkan klien dan kendala yang dihadapi oleh Divisi Marketing dalam melaksanakan strategi komunikasi pemasaran. PT. Arah Dunia televisi merupakan stasiun televisi baru di Yogyakarta, sekaligus menjadi televisi islan pertama di Yogyakarta yang berlatar belakang Muhammadiyah. PT. Arah Dunia Televisi dituntut untuk mempunyai strategi komunikasi pemasaran tidak hanya untuk mendapatkan klien dari Muhammadiyah saja tetapi seluruh masyarakat Yogyakarta. Data didapatkan dari menyeleksi dokumen, melakukan observasi dan wawancara dengan 3 (tiga) informan, Fauzan Arafat Siahaan sebagai Manager Marketing, Wiwit Siregar sebagai Account Executive dan Junianto sebagai Marketing Communication. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu untuk menganalisis data yang didapatkan dari pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran di PT. Arah Dunia Televisi menggunakan marketing tools yang menjadi bagian dari Integrated Marketing Communication (IMC), yaitu periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan perorangan dan penjualan langsung. Penelitian ini menemukan faktor lain yang digunakan dalam strategi komunikasi pemasaran, harga merupakan salah satu hal yang menentukan klien untuk bekerja sama. Selain itu, peneliti menemukan kendala yang dihadapi ketika melaksanakan strategi komunikasi pemasaran yaitu harga yang tinggi dibandingkan dengan televisi lokal lainnya di Yogyakarta, kualitas layar televisi yang kurang baik, and brand ADiTV yang belum terkenal di Yogyakarta. Peneliti juga menemukan bahwa Muhammadiyah justru menjadi klien tetap bagi ADiTV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Mokhamad Mahfud, S.sos. I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : pemasaran, komunikasi pemasaran, strategi.
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Jul 2014 08:21
Last Modified: 08 Jan 2016 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13730

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum