AL MAR'AH 'INDA TAWFIQ AL HAKIM FI AL QISAH AL QASIRAH HIMARI WA 'ADAWAH AL MAR'AH (DIRASAH TAHLILIYYAH BINYAWIYYAH TAKWINIYYAH)

ARDIANTO, NIM. 10110117 (2014) AL MAR'AH 'INDA TAWFIQ AL HAKIM FI AL QISAH AL QASIRAH HIMARI WA 'ADAWAH AL MAR'AH (DIRASAH TAHLILIYYAH BINYAWIYYAH TAKWINIYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (AL MAR'AH 'INDA TAWFIQ AL HAKIM FI AL QISAH AL QASIRAH HIMARI WA 'ADAWAH AL MAR'AH (DIRASAH TAHLILIYYAH BINYAWIYYAH TAKWINIYYAH))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (AL MAR'AH 'INDA TAWFIQ AL HAKIM FI AL QISAH AL QASIRAH HIMARI WA 'ADAWAH AL MAR'AH (DIRASAH TAHLILIYYAH BINYAWIYYAH TAKWINIYYAH))
BAB II, III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Al-Mar’ah Inda Taufik al-Hakim fi al-Qishoh al- Qoshiroh Himari Wa Adawah al-Mar’ah (Dirosah Binyawiyah Takwiniyyah)”. Yang melatari pemilihan judul penelitian ini adalah bahwa sastra merupakan pencerminan masyarakat. Salah satu karya sastra yang demikian adalah cerpen yang berjudul “Himari Wa Adawah al-Mar’ah karya Taufik al-Hakim”. Cerpen ini menceritakan tentang sebuah keadaan al-Hakim sebagai aktor yang dihadapkan pada sebuah fakta baru yaitu perubahan-perubahan yang terjadi pada perempuan Mesir yang tidak lagi memperhatikan identitas mereka sebagai perempuan muslimah, disebabkan pengaruh kebudayaan Barat. Dari sinilah penulis meneliti pikiran-pikiran al-Hakim dengan tujuan dapat mengetahui fakta yang sebenarnya terjadi. Dalam penelitian tersebut, peneliti menggunakan pendekatan Strukturalisme Genetik yang dicetuskan Lucian Goldman. Adapun teori Sturkturalisme Genetik Goldman ini terdiri dari empat kategori, yaitu fakta kemanusiaan, subjek kolektif atau subjek transindividual, kelas sosial, dan pandangan dunia pengarang. Melalui pendekatan ini peneliti menyimpulkan bahwa ada tiga unsur pokok yang membangun dan mempengaruhi terciptanya cerpen “Himari Waadawah al-mar’ah”. Pertama, adanya struktur yang padu yang dibuat oleh pengarang. Kedua, lingkungan sosial masyarakat yang mempengaruhi kehidupan pengarang. Ketiga, kenyataan sejarah yaitu problematika tentang perempuan yang menjadi landasan imajinasi pengarang. Dari ketiga unsur pokok di atas, bila dihubungkan dengan pendekatan Strukturalisme Genetik yang dicetuskan Lucian Goldman, maka dapat dikatakan bahwa, faktor di luar diri pengarang sangat berpengaruh terhadap karya sastra yang dihasilkanya. Akhir dari penelitian ini adalah terungkapnya ‘pandangan dunia’ pengarang.Yaitu sikap simpatik kepada perempuan yang tidak lagi mengindahkan budaya timur (Islam) dengan berkiblat kepada budaya Barat. Dengan sikap simpatik tersebut al-Hakim terkadang mengkritik dan terkadang juga membela kaum perempuan. Sehingga ia berpendapat bahwa, perempuanperempuan Mesir dalam permasalahan tabiat mereka harus tetap berkiblat pada budaya Timur, sedangkan mengenai hak yang melekat pada perempuan harus dijunjung tinggi seperti yang didapat oleh kaum laki-laki, sebagaimana hak pendidikan, bekerja dan berpolitik. Dari uraian di atas, terkait posisi al-Hakim dapat dikatakan bahwa, al-Hakim termasuk golongan dari kelompok moderat Mesir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Uki Sukiman, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: al Mar'ah, cerita pendek
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Jul 2014 08:48
Last Modified: 10 Jul 2015 10:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13735

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum