PENGADAAN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYKARTA

ASEP SYAEFUR ROHMAN , NIM.11130040 (2014) PENGADAAN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGADAAN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGADAAN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara pengadaan koleksi di perpustakaan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu memberikan gambaran tentang bagaimana cara pengadaan koleksi di perpustakaan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Informan dalam wawancara penelitian ini adalah kepala perpustakaan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Hasil penelitian ini adalah pemilihan koleksi mata pelajaran produktif dilakukan oleh kepala jurusan, mata pelajaran normatif adaptif oleh guru sedangkan koleksi fiksi oleh pustakawan. Perpustakaan baru menggunakan cara pembelian dan pemberian hadiah dalam pengadaan, inventarisasi koleksi tidak membubuhkan stempel inventarisasi diganti dengan barcode, dan perpustakaan belum membuat statistik pengadaan koleksi. Peneliti memberikan saran agar perpustakaan SMK Muhammadiayh 3 Yogyakarta membuat panitia khusus pemilihan koleksi, perpustakaan sebaiknya mengoptimalkan cara pengadaan koleksi yang belum digunakan agar koleksi lebih variatif. Perpustakaan sebaiknya tetap mebubuhkan stempel inventaris koleksi karena barcode hanya bisa dibaca oleh sistem otomasi perpustakaan juga sebagai tindakan preventif jika terjadi kerusakan sistem otomasi. Perpustakaan sebaiknya membuat statistik pengadaan koleksi agar diketahui peningkatan jumlah koleksi perpustakaan. Statistik penambahan koleksi juga dapat digunakan sebagai acuan dalam penetuan kebijakan perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Afiati Handayu D.F.,S.PD.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pengadaan koleksi, Perpustakaan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, pemilihan koleksi, inventarisasi, statistik penambahan koleksi.
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (D3)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 13 Aug 2014 08:14
Last Modified: 12 Oct 2015 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13753

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum