PEMBUATAN LOCAL AREA NETWORKING PADA PERPUSTAKAAN MTS NEGERI SEYEGAN SEBAGAI SARANA PENDUKUNG OTOMASI PERPUSTAKAAN

YUSUF ZULKARNAIN , NIM. 10130049 (2014) PEMBUATAN LOCAL AREA NETWORKING PADA PERPUSTAKAAN MTS NEGERI SEYEGAN SEBAGAI SARANA PENDUKUNG OTOMASI PERPUSTAKAAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PEMBUATAN LOCAL AREA NETWORKING PADA PERPUSTAKAAN MTS NEGERI SEYEGAN SEBAGAI SARANA PENDUKUNG OTOMASI PERPUSTAKAAN )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( PEMBUATAN LOCAL AREA NETWORKING PADA PERPUSTAKAAN MTS NEGERI SEYEGAN SEBAGAI SARANA PENDUKUNG OTOMASI PERPUSTAKAAN )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB)

Abstract

Yusuf Zulkarnain (10130049), 2014. Pembuatan Local Area Networking Pada Perpustakaan MTs N Seyegan Sebagai Sarana Pendukung Otomasi Perpustakaan. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penulisan laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini adalah : (1) Untuk mengetahui manfaat penggunaan LAN di dalam otomasi perpustakaan. (2) Untuk memudahkan pustakawan dalam pengolahan data melalui beberapa komputer sekaligus. Metode pengumpulan data yang dipakai penulis yaitu : metode observasi, metode dokumentasi, metode wawancara. Pada awalnya komputer di Mts N Seyegan belum saling terhubung, maka penulis membuat jaringan komputer dengan model Peer-to-Peer, peralatan yang dibutuhkan antara lain kabel UTP, RJ-45, serta crimping tools. Pembuatan jaringan komputer tersebut diharapkan dapat mendukung otomasi diperpustakaan Mts N Seyegan. Ada beberapa saran yang diberikan penulis antara lain (1) Menambahkan piranti komputer untuk digunakan sebagai tambahan alat bantu otomasi perpustakaan. Agar kegiatan sirkulasi, temu kembali, dan presensi dapat dilakukan secara terpisah menggunakan komputer yang berbeda. (2) Menambahkan piranti switch hub agar jaringan komputer menjadi lebih banyak, terorganisir dengan baik, dan saling terhubung. Serta dapat mengganti tipe jaringan peer-to-peer menjadi client-server agar basisdata menjadi lebih terarah, efisien, dan lebih aman. (3) Melakukan back-up data secara berkala agar terhindar dari kehilangan data apabila terjadi kerusakan piranti keras ataupun piranti lunak. (4) Memasang koneksi internet didalam perpustakaan agar proses pembelajaran dan otomasi perpustakaan berjalan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nurdin Laugu, S.Ag, S.S
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : sistem jaringan perpustakaan
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (D3)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 13 Aug 2014 08:30
Last Modified: 12 Oct 2015 15:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13758

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum