REGULASI EMOSI PADA GURU BK PROGRAM AKSELERASI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

LAILI WIDIYASTUTI , NIM. 09220054 (2014) REGULASI EMOSI PADA GURU BK PROGRAM AKSELERASI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (REGULASI EMOSI PADA GURU BK PROGRAM AKSELERASI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (899kB) | Preview
[img] Text (REGULASI EMOSI PADA GURU BK PROGRAM AKSELERASI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)

Abstract

Program akselerasi sebagai salah satu bentuk pendidikan khusus bagi siswa yang memiliki kemampuan intelegensi lebih dibandingkan dengan siswa program regular. Kekhususan program akselerasi ini, tentu menuntut konsekuensi seperti, di dalam menyelesaikan masalah tentunya harus didukung dengan adanya profesionalitas dari pihak‐pihak terkait seperti guru BK, dengan mengesampingkan emosi yang berlebihan ketika masalah muncul dan perlu adanya kreatifitas untuk dapat meregulasi emosi pada diri. Dengan adanya kasus‐kasus di dunia pendidikan yang diakibatkan oleh kurangnya kreatifitas guru dalam meregulasi emosinya maka terdapat dua rumusan masalah yaitu (1) apa bentuk regulasi emosi yang digunakan guru BK program akselerasi, dan (2) bagaimana tahapan regulasi emosi yang dilakukan guru BK program akselerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang apa bentuk regulasi emosi yang digunakan guru BK serta bagaimana tahapan regulasi emosinya. Penelitian ini merupakan penilitian kualitatif. Sumber data diperoleh dari subjek utama yaitu guru BK yang ditentukan berdasarkan purposive sampling, yakni guru BK program akselerasi bukan guru BK program regular, karena subjek utama pada skripsi ini hanya berfokus pada guru BK program akselerasi. Kemudian, 3 siswa program akselerasi, 1 orang guru mata pelajaran, 1 orang karyawan, 1 orang penjajak makanan serta 1 orang tua/wali siswa sebagai subjek pendukung. Sedangkan objek penelitian in adalah bentuk regulasi emosi dan tahapan regulasi emosi pada guru BK program akselerasi SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Pengumpulan data digunakan pada penilitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teori Hyberman and Miles yaitu menganilisis dan mendeskripsikan datadata yang diperoleh di lapangan kemudian diolah dalam bentuk kalimat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk regulasi emosi yang digunakan guru BK program akselerasi adalah bentuk Cognitive Reappraisal (Antecedent‐Focused). Sedangkan tahapan regulasi emosi yang dilakukan guru BK meliputi: pemilihan situasi, modifikasi situasi, terbukanya perhatian, perubahan kognitif dan penyesuaian respon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : A. Said Hasan Basri, S. Psi., M. Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Regulasi Emosi, Guru BK, Program Akselerasi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Aug 2014 08:48
Last Modified: 19 Oct 2015 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13780

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum