KOMODIFIKASI NILAI AGAMA DALAM IKLAN TELEVISI (STUDI ANALISIS SEMIOTIK KOMODIFIKASI NILAI AGAMA TERHADAP IKLAN LARUTAN CAP KAKI TIGA)

GUSTI VITA RIANA , NIM. 10210056 (2014) KOMODIFIKASI NILAI AGAMA DALAM IKLAN TELEVISI (STUDI ANALISIS SEMIOTIK KOMODIFIKASI NILAI AGAMA TERHADAP IKLAN LARUTAN CAP KAKI TIGA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KOMODIFIKASI NILAI AGAMA DALAM IKLAN TELEVISI (STUDI ANALISIS SEMIOTIK KOMODIFIKASI NILAI AGAMA TERHADAP IKLAN LARUTAN CAP KAKI TIGA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KOMODIFIKASI NILAI AGAMA DALAM IKLAN TELEVISI (STUDI ANALISIS SEMIOTIK KOMODIFIKASI NILAI AGAMA TERHADAP IKLAN LARUTAN CAP KAKI TIGA))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti mengangkat iklan di televisi sebagai bahan penelitian. Iklan televisi yang dianalisis adalah iklan televisi Larutan Cap Kaki Tiga. Penelitian ini menganalisis tiga versi iklan televisi Larutan Cap Kaki Tiga yaitu versi “Markisa”, “Ibu di Supermarket”, dan “Mama Dedeh”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh da’i (Mama Dedeh) yang membintangi ketiga iklan tersebut Yang memakai atribut nilai agama dalam periklanan, dan nilai agama di dalam iklan ini menjadi komoditas, disinilah terjadinya mengalih fungsikan nilai agama menjadi nilai tukar. Iklan televisi tersebut sesuai dengan tema peneliti ambil. Tema tersebut menjadikan agama sebagai pemanfaatan dari kegunaannya yang kemudian ditransformasikan menjadi sebuah komoditas (nilai jual) dan kepentingan tertentu. Hal ini yang disebut komodifikasi nilai agama dalam iklan televisi. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dan memahami makna tanda-tanda komodifikasi nilai agama pada tayangan iklan televisi Larutan Cap Kaki Tiga versi “Markisa”, “Ibu di Supermarket”, dan “Mama Dedeh”. Penelitian ini menggunakan studi analisis semiotika Charles Sander Pierce. Penelitian ini termasuk jenis penelitian analisis isi kritis dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purpose sampling. Peneliti melakukan wawancara mendalam kepada dua informan yang memiliki kapasitas pemahaman dengan tema penelitian yang peneliti lakukan. Hal ini dilakukan sebagai rujukan yang nantinya digunakan peneliti menjadi pembanding dari hasil peneliti temukan. Informan tersebut yakni pengamat iklan dan da’i. Untuk menguji kevaliditasan datanya menggunakan teknik trianggulasi teori. Setelah dilakukan analisis, hasil dari penelitian ini mengatakan bahwa kepentingan pengiklan untuk mengajak masyarakat/konsumen untuk mengkonsumsi Larutan Cap Kaki Tiga melalui penggunaan visual tanda-tanda keagamaan menjadi sesuatu yang mutlat untuk mendapatkan empati dan intipati khalayak untuk membeli dan menggunakan produk Cap Kaki Tiga (minuman larutan panas dalam). Berangkat dari hal tersebut peneliti menyadari bahwa atribut yang digunakan hanyalah sebagai konsep cerita yang bertujuan untuk mempromosikan produk. Hal inilah yang menjadi komoditas seperti yang dikatakan oleh Mosco tentang adanya pengalihan fungsi guna menjadi fungsi jual yang berwujud kapitalis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhamad Zamroni, S.Sos.I.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Komodifikasi, Nilai Agama, Iklan Televisi
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Aug 2014 08:03
Last Modified: 16 Oct 2015 15:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13789

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum