PERAN PENGASUH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI MENGHAFAL AL’QURAN SANTRI PP. NURUL UMMAHAT KOTAGEDE YOGYAKARTA

UMU HANI, NIM. 10220051 (2014) PERAN PENGASUH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI MENGHAFAL AL’QURAN SANTRI PP. NURUL UMMAHAT KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN PENGASUH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI MENGHAFAL AL’QURAN SANTRI PP. NURUL UMMAHAT KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN PENGASUH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI MENGHAFAL AL’QURAN SANTRI PP. NURUL UMMAHAT KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)

Abstract

UMU HANI NIM 10220051, “Upaya Pengasuh dalam Meningkatkan Prestasi Menghafal Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Nurul Ummahat Kotagede Yogyakarta, ” Jurusan Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2014. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa menghafal Al-Qur’an memrupakan hal yang tidak mudah. Dalam menyelesaikan hafalan 30 juz sangat membutuhkan usaha yang keras dan banyak sekali problematkia yang dihadapi yang jika motivasi dan minat yang dimiliki santri lemah maka problematika tersebut bisa menjadi faktor kegagalan dalam menghafal Al-Qur’an. karenanya dibutuhkan sekali pembimbing yang bisa membantu untuk selalu memberi motivasi dan mengontrolnya secara terus menerus agar santri selalu menjaga hafalannya. Rumusan masalah yaitu bagiamana peran dan usaha Nyai Ummi Assa’adah selaku pengasuh dalam meningkatkan hasil hafalan Al-Qur’an santri pondok pesantren Nurul Ummahat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Informan peneliti ini adalah pengasuh dan empat orang santri yang menghafalkan Al-Qur’an Pondok Pesantren Nurul Ummahat Kotagede Yogyakarta. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. (1) Sebagai pembimbing, usaha yang dilakukan pengasuh yaitu: membantu santri ketika kesulitan dalam menyetorkan hafalan Al-Qur’an, memperhatikan problem yang dihadapi santri dalamm menghafal Al-Qur’an, dan memberi saran. (2)Sebagai motivator, usaha yang dilakukan yaitu: mengadakan semaan, memberi wejangan-wejangan, mengadakan ujian. (3) Sebagai Muwajjih (penerimaa setoran hafalan), usaha yang dilakukan yaitu: menentukan waktu khusus untuk setoran hafalan Al-Qur’an, menerapkan disiplin waktu, mentashih hafalan Al-Qur’ansantri. Hasil hafalan santri berdasarkan dari nilai semaan rutinan menunjukan bahwa santri mengalami peningkatan dalam hal kelancaran dalam mengulang kembali hafalannya yang telah lalu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nurjannah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Peran Pengasuh, menghafal Al-Qur’an, Pondok Pesantren Nurul Ummahat.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Aug 2014 14:18
Last Modified: 29 Oct 2015 15:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13837

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum