EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA MAN YOGYAKARTA III)

FAILASUFAH, S.AG , NIM. 1220410211 (2014) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA MAN YOGYAKARTA III). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA MAN YOGYAKARTA III))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA MAN YOGYAKARTA III))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)

Abstract

Failasufah, S.Ag. “Efektivitas Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa MAN Yogyakarta III).” Tesis, PPS UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prodi Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas konseling kelompok realita terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di MAN Yogyakarta III. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan skor skala motivasi belajar dengan kategori rendah sejumlah sebelas siswa kelas X MAN Yogyakarta III, terbagi menjadi dua kelompok yaitu 6 (enam) siswa sebagai kelompok eksperimen dan 5 (lima) siswa sebagai kelompok kontrol. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney & Wilcoxon. Pengumpulan data dengan menggunakan Skala Motivasi Belajar, Observasi, Angket, dan Interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok realita efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa MAN Yogyakarta III. Hal tersebut dapat dilihat pada out-put perhitungan statistik nonparametris uji Wilcoxon dengan hasil 0,028 < 0,05 dan Z = -2.201a, artinya bahwa skor motivasi belajar mengalami peningkatan dari sebelum treatment dan sesudah treatment. Sementara itu pada kelompok kontrol tidak ada peningkatan yang signifikan antara skor pre-test dan post-test dalam motivasi belajar, hal tersebut dapat dilihat pada output perhitungan statistik nonparametris uji Wilcoxon dengan hasil 0,136 > 0,05 dan Z = -1.490 a.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Budi Astuti, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Konseling Kelompok Realita, Motivasi Belajar.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Aug 2014 10:23
Last Modified: 28 Apr 2015 15:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13839

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum