PENDIDIKAN HATI PERSPEKTIF ALQUR’AN MENUJU PEMBENTUKAN KARAKTER

SUPARLAN , NIM. 102211132 (2014) PENDIDIKAN HATI PERSPEKTIF ALQUR’AN MENUJU PEMBENTUKAN KARAKTER. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENDIDIKAN HATI PERSPEKTIF ALQUR’AN MENUJU PEMBENTUKAN KARAKTER )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( PENDIDIKAN HATI PERSPEKTIF ALQUR’AN MENUJU PEMBENTUKAN KARAKTER )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

2014 Penelitian ini bertujuan untuk : 1. Mengungkapkan konsep al-Qur’an tentang potensi hati. 2. Mengungangkapkan konsep al-Quran tentang pendidikan hati. 3. Mengetahui kontribusi pendidikan hati perspektif al-Qur’an bagi upaya pembentukan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, dengan pendekatan tematik dan pendidikan karakter. Data diperoleh dengan mengkaji tafsir ayat-ayat hati dalam al-Qur’an dari Kitab Tafsir Al-Mishbah dan Kitab Tafsir Al-Azhar dan dari Kitab dan artikel yang membahas tentang hati. Data diunitisasi sesuai dengan tema pendidikan hati, dan selanjutnya dianalisis dengan model analisis tematik Farmawi yang telah disederhanakan. Hasil penelitian, 1. Hati memiliki potensi ruhaniah yang sangat menen- tukan baik dan buruknya prilaku.Tujuan pendidikan hati adalah untuk menumbuhkan, menjaga, dan meneguhkan kebaikan hati. 2. Hati dapat dididik , pendidikan hati berlandaskan pada prinsip: do’a, suasana menyenangkan/ aman, pengalaman nyata, dan bertahap. Pendidikan hati dilaksanakan melalui pende- katan integratif, mengoptimalkan multi potensi ( ruh, akal, jiwa, fisik ) dan multi metodologi ( pemahaman kritis, pengamalan kontektual, perenungan) . Hati dididik dengan menggunakan stretegi tazkiyyah, tazyinah, tadabburah, dan tarabbuṭah. 3. Pendidikan hati memberikan kontribusi pada proses pemilihan dan menanamkan nilai yang haqqul yaqin, nilai yang memiliki konsistensi pada pembentukan sikap dan prilaku. Pendidikan hati mengkonsepkan pendidikan karakter yang memadukan secara komplimenter antara konsep ontologis dan deontologis, dan memadukan konsep pendidikan konservatif dan progresif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. phil. Sahiron, MA
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Aug 2014 10:44
Last Modified: 29 Apr 2015 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13842

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum