SISTEM AGENCY SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DI ASURANSI JIWA BERSAMA BUMIPUTERA SYARIAH CABANG YOGYAKARTA

ARTI DAMISA, NIM. 1220310020 (2014) SISTEM AGENCY SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DI ASURANSI JIWA BERSAMA BUMIPUTERA SYARIAH CABANG YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (SISTEM AGENCY SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DI ASURANSI JIWA BERSAMA BUMIPUTERA SYARIAH CABANG YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (SISTEM AGENCY SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DI ASURANSI JIWA BERSAMA BUMIPUTERA SYARIAH CABANG YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Di Indonesia, perkembangan asuransi syariah masih sangat lamban. Pada tahun kuartal II 2013 penduduk Indonesia yang terlindungi asuransi sekitar 87.19 juta jiwa. Jika dibandingkan dengan jumlah masyarakat Indonesia yang sudah mencapai 290 juta jiwa, yang notabene mayoritas Islam, masih berbanding 3:10. Artinya 10 orang masyarakat Indonesia maka baru 3 orang yang mempunyai polis asuransi. Padahal fungsi asuransi syariah sangat berperan dalam mengukuhkan ekonomi syariah. Jadi, Pemasaran merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi perusahaan dalam memperkenalkan produk-produk asuransi syariah kepada para calon nasabah. Sehingga para calon nasabah berminat memiliki asuransi yang berbasis syariah. Di samping itu, pemasaran juga merupakan hal yang penting dalam meningkatkan volume penjualan, sehingga AJB Bumiputera Syariah Cabang Yogyakarta bisa bertahan dalam waktu jangka panjang. Strategi pemasaran merupakan salah satu langkah-langkah yang secara berurutan dari awal sampai akhir dalam proses pemenuhan kebutuhan melalui aktivitas orang lain secara langsung, sehingga dengan adanya strategi pemasaran produk-produk Asuransi Syari’ah ini diharapkan segala keinginan dan kebutuhan masyarakat maupun pelanggan dapat terpenuhi dengan baik dan terorganisir dengan baik pula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk AJB Bumiputera Syariah Cabang Yogyakarta agar semua kalangan masyarakat dapat mengetahui produk yang dimiliki Asuransi Bumiputera Syari’ah Cabang Yogyakarta. Tipe penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan studi pustaka. Sedangkan data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer dari Kepala Wilayah AJB Yogyakarta, Kepala Cabang AJB Bumiputera Syariah Cabang Yogyakarta, kepala pemasaran AJB Yogyakarta serta karyawan AJB Bumiputera Cabang Yogyakarta yang mempunyai pengalaman di Asuransi syariah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa strategi pemasaran yang dijalan AJB Bumiputera Syariah Cabang Yogyakarta menggunakan sistem agency. Di mana dengan sistem ini agen yang melaksanakan pemasaran terhadap produk AJB Bumiputera Syariah Cabang Yogyakarta. Sistem agency tersebut digunakan sejak AJB Bumiputera Syariah Cabang Yogyakarta berdiri hingga sekarang. Strategi pemasaran tersebut mempunyai banyak kelebihan seperti, lebih mudah memahami keinginan yang dibutuhkan masyarakat, menjalin silaturrahmi terhadap sesama manusia, serta menciptakan lapangan kerja. Sehingga menggunakan sistem agency dalam pemasaran sangat efisien dan efektif. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan rasio pada Tahun 2012 mencapai Rp 810.000.000,- per bulan (Delapan Ratus Sepuluh Juta Rupiah) sedangkan pada Tahun 2011 mencapai Rp 620.000.000,- per bulan (Enam Ratus Dua Puluh Juta Rupiah) kemudian pada Tahun 2013 mencapai Rp 930.000.000,- per bulan (Sembilan Ratus Tiga Puluh Juta Rupiah). Jadi perkembangan rasionya mencapai 13 %. Mekanisme agen dalam memasarkan produk AJB Bumiputera Syariah Cabang Yogyakarta, dimulai dengan pendataan pasar, memasarkan dan memberikan pelayanan kepada nasabah. Selain strategi pemasaran seperti sistem agency, AJB Bumiputera Syariah Yogyakarta perlu membuat promosi melalui surat kabar, sehingga komunikasi yang dilakukan dapat menjangkau daerah yang lebih luas, sehingga dapat mencapai pasar yang dituju.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Syafiq Mahmada Hanafi, M.Ag
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Aug 2014 10:55
Last Modified: 17 Apr 2015 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13846

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum