BIMBINGAN DAN KONSELING PRIBADI SOSIAL DALAM MENGATASI KESULITAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA MTs NEGERI 1 YOGYAKARTA

DWI PRATIWI LESTARI, NIM. 1220410025 (2014) BIMBINGAN DAN KONSELING PRIBADI SOSIAL DALAM MENGATASI KESULITAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA MTs NEGERI 1 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN DAN KONSELING PRIBADI SOSIAL DALAM MENGATASI KESULITAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA MTs NEGERI 1 YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN DAN KONSELING PRIBADI SOSIAL DALAM MENGATASI KESULITAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA MTs NEGERI 1 YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan observasi pra research yang dilakukan di MTs Negeri 1 Yogyakarta, terdapat sejumlah siswa yang mengalami kesulitan penyesuaian sosial. Masih terbatasnya pengalaman remaja dalam memecahkan masalah, menuntut adanya suatu bantuan dalam bentuk layanan bimbingan dan konseling. Dari gambaran permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesulitan penyesuaian sosial siswa, faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan penyesuaian sosial siswa dan layanan bimbingan dan konseling pribadi sosial dalam mengatasi kesulitan penyesuaian sosial siswa MTs Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif sebagaimana adanya (natural setting ). Penelitian dilakukan di MTs Negeri 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wanwancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling serta siswa yang teridentifikasi mengalami kesulitan dalam penyesuian sosial dilihat dari karakteristik perilaku yang cenderung diabaikan atau ditolak. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data model interaktif yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Adapun dalam mengecek keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat bentuk kesulitan penyesuaian sosial siswa MTs Negeri 1 Yogyakarta, yaitu (1) kesulitan dalam persahabatan, (2) merasa terasing dalam aktivitas kelompok, (3) kesulitan menghadapi situasi sosial baru, (4) kesulitan memperoleh penyesuaian dalam kelompok. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa-siswa mengalami kesulitan dalam penyesuaian sosial meliputi: (1) faktor transisi dari sekolah dasar ke sekolah menengah. (2) Perubahan-perubahan masa pubertas yang mengakibatkan terjadinya banyak perubahan fisik maupun psikis siswa. (3) Perubahan kognisi sosial. (4) Faktor kondisi keluarga. Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling pribadi sosial dalam mengatasi kesulitan penyesuaian sosial siswa di MTs Negeri 1 Yogyakarta meliputi layanan dasar berfungsi sebagai layanan preventif dan pemeliharaan, layanan responsif berfungsi sebagai layanan kuratif yang spesifik digunakan dalam mengatasi kesulitan penyesuaian sosial siswa tertentu, perencanaan individual, dan dukungan sistem.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Budi Astuti
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial, Kesulitan Penyesuaian Sosial.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Aug 2014 14:43
Last Modified: 24 Apr 2015 17:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13848

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum