PERAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK (STUDI PADA TK AISYIYAH PEMBINA PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA)

TRI HARTATI FARIDA, S.Pd. , NIM. 1220430009 (2014) PERAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK (STUDI PADA TK AISYIYAH PEMBINA PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK (STUDI PADA TK AISYIYAH PEMBINA PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK (STUDI PADA TK AISYIYAH PEMBINA PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)

Abstract

Guru mempunyai fungsi, peran dan kedudukan yang strategis dalam pembangunan nasional dalam bidang pendidikan sehingga profesi guru perlu dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat. Kedudukan guru sebagai tenaga profesional berfungsi untuk meningkatkan martabat guru serta perannya sebagai agen pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional. Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan mutu dan prestasi kerja guru telah ditetapkan Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 26/MENPAN/1989 tanggal 2 Mei 1989 tentang Angka Kredit bagi Jabatan Guru, dan sebagai petunjuk teknisnya telah ditunjang dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 025/0/1995 tentang Petunjuk Teknis Ketentuan Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Dengan berlakunya peraturan tersebut, berarti TK Aisyiyah Pembina Piyungan Bantul Yogyakarta harus mampu meningkatkan motivasi agar kinerja guru lebih optimal melalui pembinaan. Apabila guru termotivasi, maka guru akan membuat pilihan yang positif untuk melakukan sesuatu, karena dapat memuaskan keinginannya. Pada dasarnya, motivasi dapat memacu guru untuk bekerja keras sehingga dapat mencapai tujuan pokok lembaga pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran motivasi kerja dan kinerja guru, serta bagaimana peran motivasi kerja guru terhadap kinerja guru TK Aisyiyah Pembina Piyungan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan pemaparan secara deskriptif-analitis terhadap data yang diperoleh dari field research. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala dan guru TK. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan berupa interview, observasi, dokumentasi, dan triangulasi data. Motivasi kerja guru TK Aisyiyah Pembina Piyungan Bantul Yogyakarta tersebut termasuk kategori tinggi yang dibagi menjadi dua jenis, yaitu intrinsik dan ekstrinsik. Adapun yang tergolong kategori motivasi rendah dalam bekerja yaitu motivasi dalam meniti karir. Kinerja guru di TK Aisyiyah Pembina Piyungan Bantul Yogyakarta tergolong tinggi. Hal ini dibuktikan dengan beberapa indikator, yaitu: prestasi, pembelajaran kurikuler dan ekstrakurikuler, kegiatan kelembagaan, dan tanggung jawab profesional guru. Adapun kinerja guru yang rendah yaitu menyangkut masalah keterlambatan guru ketika terjadi pergantian jam. Motivasi kerja guru di TK Aisyiyah Pembina Piyungan Bantul Yogyakarta

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Mahmud Arif, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Peran motivasi kerja guru, kinerja guru.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Aug 2014 12:50
Last Modified: 13 Apr 2015 16:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13859

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum