KONSELING ISLAMI MENGGUNAKAN AJARAN TASAWUF MODERN HAMKA UNTUK MENINGKATKAN KEBERMAKNAAN HIDUP (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA SMP PLUS SALAFIYAH PEMALANG)

MUHAMAD RIFA’I SUBHI , NIM. 1220410108 (2014) KONSELING ISLAMI MENGGUNAKAN AJARAN TASAWUF MODERN HAMKA UNTUK MENINGKATKAN KEBERMAKNAAN HIDUP (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA SMP PLUS SALAFIYAH PEMALANG). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSELING ISLAMI MENGGUNAKAN AJARAN TASAWUF MODERN HAMKA UNTUK MENINGKATKAN KEBERMAKNAAN HIDUP (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA SMP PLUS SALAFIYAH PEMALANG))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71MB) | Preview
[img] Text (KONSELING ISLAMI MENGGUNAKAN AJARAN TASAWUF MODERN HAMKA UNTUK MENINGKATKAN KEBERMAKNAAN HIDUP (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA SMP PLUS SALAFIYAH PEMALANG))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)

Abstract

Muhamad Rifa’i Subhi, S.Pd.I.: Konseling Islami menggunakan Ajaran Tasawuf Modern Hamka untuk meningkatkan Kebermaknaan Hidup (Studi Eksperimen pada siswa SMP Plus Salafiyah Pemalang). Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peluang mengenai penggunaan konsep keilmuan Islam yang dijadikan sebagai materi dalam layanan konseling Islami di sekolah dalam meningkatkan kebermaknaan hidup siswa yang mengalami kehampaan hidup. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ialah konseling Islami menggunakan ajaran tasawuf modern Hamka dapat meningkatkan kebermaknaan hidup siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah eksperimen, yang bertujuan untuk menguji efektivitas konseling islami menggunakan ajaran tasawuf modern Hamka dalam meningkatkan kebermaknaan hidup. Eksperimen menggunakan one group pre and posttest design, melibatkan 8 siswa SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang. Penentuan subjek dipilih dengan kriteria tertentu sesuai tujuan penelitian (non-probability sampling). Data dikumpulkan dengan menggunakan skala kebermaknaan hidup (ri=0,331-0,609 =0,884), angket, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan ialah menggunakan uji wilcoxon signed ranks test. Hasil uji wilcoxon signed ranks test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kebermaknaan hidup siswa (subjek penelitian) antara sebelum dengan sesudah pemberian layanan konseling islami (manipulasi), dengan Z = -1,997 dan p-value = 0,046 (p-value < 0,050). Nuansa praktis ajaran tasawuf modern Hamka, memudahkan subjek penelitian dalam memahami dan mempraktekkan ajaran tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Diantara ajaran yang dimaksud ialah pelaksanaan ibadah resmi serta arahan atau nasehat untuk selalu bertindak positif, seperti ikhlas, qona’ah, tawakal, sabar, syaja’ah, ‘iffah, hikmah, dan ‘adalah. Hal inilah yang mampu meningkatkan kebermaknaan hidup masing-masing subjek, karena diantara metode untuk meraih makna atau tujuan hidup ialah pengamalan ibadah, serta kebiasaan untuk bertindak positif dalam aktivitas sehari-hari. Penelitian ini berkesimpulan bahwa konseling islami menggunakan ajaran tasawuf modern Hamka dapat meningkatkan kebermaknaan hidup. Oleh karena itu, temuan hasil penelitian tersebut dapat digunakan sebagai acuan dalam pengembangan konseling islami untuk menemukan atau mengembangkan potensi (fitrah) seorang individu.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Nurjannah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Konseling Islami, Tasawuf Modern Hamka, Makna Hidup.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Aug 2014 12:55
Last Modified: 28 Apr 2015 16:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13860

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum