STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BAGI SISWA TUNANETRA MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA

UMI AISYAH, NIM. 1220410082 (2014) STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BAGI SISWA TUNANETRA MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BAGI SISWA TUNANETRA MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BAGI SISWA TUNANETRA MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)

Abstract

UMI AISYAH, Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling Bagi Siswa Tunanetra MTs Yaketunis Yogyakarta : Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam, Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Layanan bimbingan dan konseling merupakan bagian integral dalam pendidikan dan memiliki kontribusi terhadap keberhasilan pendidikan di sekolah. Layanan bimbingan dan konseling akan berjalan maksimal apabila bersamaan dengan strategi pelaksanaan yang tepat. MTs Yaketunis Yogyakarta merupakan lembaga pendidikan formal yang menyelengarakan program Layanan bimbingan dan konseling. Menjadi menarik ketika seluruh siswanya adalah penyandang tunanetra dan guru bimbingan dan konseling yang juga penyandang tunanetra. Berdasarkan hal tersebut peneliti merasa penting untuk melakukan penelitian ini. Untuk menggali data peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Subyek primer dalam penelitian ini yakni Guru bimbingan konseling dan informan pelengkapnya ialah Kepala sekolah, Guru bagian kesiswaan sekaligus wali kelas dan guru mata pelajaran serta 3 orang siswa yang pernah mendapatkan layanan bimbingan dan konseling. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interpretative berkesinambungan dengan proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi layanan bimbingan dan konseling bagi siswa tunanetra MTs Yaketunis Yogyakarta mencakup empat komponen layanan dengan masing-masing strategi di dalamnya yakni: pertama, layanan dasar dengan strategi bimbingan klasikal, layanan orientasi, layanan informasi, bimbingan kelompok, dan pengumpulan data. Kedua, layanan responsif menggunakan strategi konseling individual, konseling kelompok, referral, kolaborasi dengan guru mata pelajaran atau wali kelas, kolaborasi dengan orang tua siswa, konsultasi, konferensi kasus, dan kunjungan rumah (home visit). Ketiga perencanaan individual menggunakan strategi layanan penempatan dan penyaluran. Keempat, dukungan sistem menggunakan strategi pengembangan jejaring (networking), kegiatan managemen, serta riset dan pengembangan, dan evaluasi. Terdapat strategi yang belum terlaksana yakni kolaborasi dengan pihakpihak terkait di luar madrasah, bimbingan teman sebaya (peer guidance) dan alih tangan kasus (referral). Terdapat kekhasan dalam layanan bimbingan dan konseling bagi siswa tunanetra, yakni pada komunikasi verbal dan non verbal, penggunaan media BK, dan bimbingan karir melalui pembinaan ketrampilan. Sedangkan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan strategi layanan bimbingan dan konseling bagi siswa tunanetra yakni tidak tersedianya dana bagi kegiatan layanan bimbingan dan konseling, kurangnya keasadaran siswa dalam memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling, serta siswa cenderung tertutup dan enggan mengutarakan permasalahannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Waryono Abdul Ghafur
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Strategi layanan bimbingan dan konseling, siswa tunanetra
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Aug 2014 12:57
Last Modified: 29 Apr 2015 09:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13861

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum