PERAN HABAIB DALAM MENDORONG PEMUDA DI KELURAHAN BUMIJO KECAMATAN JETIS YOGYAKARTA MENGIKUTI MAJELIS MAULID SIMTUD AD-DURAR

ZAID REZA HERI SAPUTRA , NIM. 10540067 (2014) PERAN HABAIB DALAM MENDORONG PEMUDA DI KELURAHAN BUMIJO KECAMATAN JETIS YOGYAKARTA MENGIKUTI MAJELIS MAULID SIMTUD AD-DURAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN HABAIB DALAM MENDORONG PEMUDA DI KELURAHAN BUMIJO KECAMATAN JETIS YOGYAKARTA MENGIKUTI MAJELIS MAULID SIMTUD AD-DURAR)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERAN HABAIB DALAM MENDORONG PEMUDA DI KELURAHAN BUMIJO KECAMATAN JETIS YOGYAKARTA MENGIKUTI MAJELIS MAULID SIMTUD AD-DURAR)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peran habaib dalam mendorong pemuda di Kelurahan Bumijo, Kecamatan Jetis, Yogyakarta mengikuti majelis maulid Simtud ad-Durar. Majelis ini dilaksanakan di rumah Bapak Ustadz H. Bahruddin MF, setiap selapan sekali yaitu malam Jum’at Legi. Dalam majelis ini kitab yang dibaca adalah kitab maulid Habsy atau yang populer dengan nama maulid Simtud ad-Durar , yang di tulis oleh Al-Habib Ali bin Muhammad bin Husein Al-Habsy. Selain membaca kitab Simtud ad-Durar, juga dilantunkan qasidah-qasidah yang di iringi musik rebana. Penelitian ini menggunakan teori perubahan sosial, teori kharismatik dan teori motivasi. Teori perubahan sosial diterapkan untuk pemuda jama’ah majelis maulid Simtud ad-Durar, sedang teori kharismatik digunakan untuk para habib dan teori motivasi di gunakan untuk habaib dalam perannya. Kategori penelitian ini penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara. Dalam metode ini peneliti terjun langsung mengikuti jalannya majelis maulid Simtud ad-Durar untuk memperoleh data yang akurat. Sedangkan sumber data di peroleh langsung dari pengurus Majelis Maulid Simtud ad-Durar malam Jum’at Legi, kemudian dari para habaib yang mengikuti Majelis Maulid Simtud ad-Durar malam Jum’at Legi, dan pemuda jama’ah Majelis Maulid Simtud ad-Durar malam Jum’at Legi dengan menggunakan teknik wawancara. Sumber data lainnya yaitu dari literatur-literatur terkait maulid Simtud ad-Durar dan habaib. Hasil dari penelitian skripsi ini ada dua sesuai dengan rumusan masalah. Pertama faktor yang mempengaruhi habaib mengikuti majelis maulid Simtud ad- Durar yaitu faktor dakwah Islamiyah sebagai penerus dari Rasulullah SAW, kemudian faktor tradisi, kegiatan semacam ini termasuk tradisi dari habaib secara turun temurun, kemudian faktor perdagangan, dengan media berdagang para habaib juga menerapkan dakwah melalui syariah dalam berdagang, kemudian relasi yang di bentuk dengan masyarakat di Kelurahan Bumijo. Sedangkan peran sosial habaib jelas terbukti ketika majelis maulid Simtud ad-Durar berlangsung. Peran habaib ini juga menimbulkan tindakan tiruan yang dilakukan oleh pemuda jama’ah Majelis Maulid Simtud ad-Durar di Kelurahan Bumijo. Tindakan tiruan tersebut yang terdiri dari perilaku habaib sehari-hari. Dari cara berpakaian, tutur kata, serta sopan santun dari pemuda jama’ah Majelis Maulid Simtud ad-Durardi Kelurahan Bumijo, Kecamatan Jetis, Yogyakrta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Nafilah Abdullah, M.Ag
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Aug 2014 14:45
Last Modified: 22 May 2015 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13864

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum