AL-DIN AL-KHALIS DALAM AL-QUR’AN (TELAAH ATAS KITAB TAFSIR JAMI’ AL-BAYAN ‘AN TA’WIL AY AL-QUR’AN KARYA IMAM AL-TABARI)

WISNU SAPUTRA, NIM. 10532034 (2014) AL-DIN AL-KHALIS DALAM AL-QUR’AN (TELAAH ATAS KITAB TAFSIR JAMI’ AL-BAYAN ‘AN TA’WIL AY AL-QUR’AN KARYA IMAM AL-TABARI). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( AL-DIN AL-KHALIS DALAM AL-QUR’AN (TELAAH ATAS KITAB TAFSIR JAMI’ AL-BAYAN ‘AN TA’WIL AY AL-QUR’AN KARYA IMAM AL-TABARI) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( AL-DIN AL-KHALIS DALAM AL-QUR’AN (TELAAH ATAS KITAB TAFSIR JAMI’ AL-BAYAN ‘AN TA’WIL AY AL-QUR’AN KARYA IMAM AL-TABARI) )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu tema pembahasan yang telah menarik banyak atensi para pengkaji Al-Qur’an adalah pembahasan terkait term al-din (agama) dalam Al-Qur’an. Dalam Al-Qur’an, term ini menempati posisi yang sangat strategis sebagai salah satu tema sentral dalam Al-Qur’an. Al-Din dengan sendirinya merupakan suatu term dalam Al-Qur’an yang secara langsung berhubungan dengan konsep agama dan beragama sekaligus. Dalam ayat-ayat Al-Qur’an, kata al-din dibingkai dalam beberapa konteks. Kata al-din disandingkan dengan beberapa kata lainnya, seperti Din al-Haq, Din Allah, Din al-Qoyyim, Din al-Hanif, Yaum al-Din, dan al-Din al-Khalis. Skripsi ini memabahas tentang salah satu di antara beberapa konsep di atas, yaitu al-din al-khalis (agama yang murni) di dalam al-Qur’an. al-Din al-Khalis merupakan suatu tema yang paling urgen di antara pembahasan tentang al-din lainnya, mengingat persinggungannya dengan konsep kemurnian agama. Penelitian ini akan membincang konsep al-din al-khalis dalam perspektif al-Tabari dalam tafsirnya Jami’ al-Bayan ‘an Ta’wil ay al-Qur’an. Tafsir ini dipilih mengingat posisnya sebagai salah satu masterpiece kitab tafsir yang masih memiliki otoritas yang signifikan sampai saat ini. Fokus kajian di dalam skripsi ini, yaitu: Pertama, penafsiran al-din al-khalis (agama yang murni) di dalam al-Qur’an menurut Imam al-Tabari, apa dan siapakah yang dikategorikan al-din al-khalis, serta ciri-ciri al-din al-khalis dalam al-Qur’an. Adapun penelitian ini bersifat kepustakaan murni (library research) yang didasarkan pada kitab tafsir Jami’ al-Bayan ‘an Ta’wil ay al-Qur’an sebagai sumber utama (primer), dan buku-buku lain yang terkait sebagai sumber data penunjang. Metode yang digunakan untuk mengelolah data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitis, yaitu mengambarkan makna-makna yang diungkapkan oleh Imam al-Tabari kemudian menganalisanya. Dalam perspektif al-Tabari, terdapat beberapa poin penting terkait al-din al-khalis. Pertama, al-din al-khalis bermakna tauhid dan memurnikan ketaatan. Kedua, al-din al-khalis adalah agama Islam, dikarenakan Islam merupakan agama tauhid. Ketiga, al-din al-khalis merupakan sifat dari agama-agama yang telah diturunkan Allah, mukhlsina lahu al-din menurut beliau orang-orang yang ikhlas dan taat di dalam mengerajan perintah agama, akhlasu al-din yaitu orang yang telah memilih Islam, Iman dan Ihsan di dalam beragama, serta istiqomah di dalam menjalankan perintah agama. Adapaun ciri-ciri orang yang diakategorikan al-din al-khalis yaitu orang yang bertobat, orang yang mengadakan perbaikan terhadap amaliah ibadah, orang yang berpegang teguh di dalam agama Islam, orang yang berdoa, orang yang sholat, orang yang berbuat keadilan. Selanjutnya, secara umum, ciri-ciri dan kategori al-din al-khalis sudah tertuang di dalam ciri-ciri dan kategori Islam dan Iman, karena al-din al-khalis termasuk di golongan keduanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Mahfudz Masduqi, M.A
Uncontrolled Keywords:
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Aug 2014 14:48
Last Modified: 21 May 2015 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13865

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum