ISLAM DAN ETOS KERJA PETANI JAMUR DESA ARGOSARI SEDAYU BANTUL YOGYAKARTA ( STUDI TERHADAP KELOMPOK AGRIBISNIS JAMUR TIRAM (AJT))

NOFI MUJHAROTUN , NIM. 10540038 (2014) ISLAM DAN ETOS KERJA PETANI JAMUR DESA ARGOSARI SEDAYU BANTUL YOGYAKARTA ( STUDI TERHADAP KELOMPOK AGRIBISNIS JAMUR TIRAM (AJT)). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( ISLAM DAN ETOS KERJA PETANI JAMUR DESA ARGOSARI SEDAYU BANTUL YOGYAKARTA ( STUDI TERHADAP KELOMPOK AGRIBISNIS JAMUR TIRAM (AJT)) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text ( ISLAM DAN ETOS KERJA PETANI JAMUR DESA ARGOSARI SEDAYU BANTUL YOGYAKARTA ( STUDI TERHADAP KELOMPOK AGRIBISNIS JAMUR TIRAM (AJT)) )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)

Abstract

Desa Argosari merupakan salah satu ciri desa yang memiliki tipologi masyarakat pertanian. Salah satu pertanian yang menonjol di desa Argosari adalah pertanian jamur. Sejak tahun 2007 hingga tahun 2013 para petani jamur AJT mengalami peningkatan status ekonomi yang cukup pesat. Dari sinilah penulis memiliki pertanyaan besar mengenai apa yang mendorong petani AJT memiliki semangat kerja keras. Melihat semangat bekerja, kreatif bisnis dan kenyataan yang terjadi penulis melakukan penelitian terkait semangat bekerja para petani jamur kelompok AJT di desa Argosari. Jika dilihat dari kultur masyarakat desa yang masih agamis dan keseharian para petani jamur AJT yang menunjukkan kuatnya corak keIslaman, maka tidak menutup kemungkinan bahwa semangat bekerja para petani jamur dapat dipengaruhi oleh agama yang mereka anut, yakni agama Islam. Etos kerja yang penulis teliti dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana semangat kerja para petani untuk memenuhi kebutuhan hidup dan menggambarkan pengaruh Islam terhadap etos kerja petan jamur. Dalam penelitian ini merupakan penelitan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk melihat secara langsung kegiatan yang dilakukan oleh para petani jamur AJT dalam melakukan pekerjaan dan melihat secara langsung tempat para petani mencari nafkah. Metode wawancara digunakan untuk mengetahui pandangan petani tentang etos kerja dan sejauhmana perangaruh Islam terhadap etos kerja. Wawancara dilakukan kepada petani jamur anggota AJT dan beberapa tokoh yang memiliki hubungan dengan tema penelitian. Sedangkan metode dokumentasin digunakan untuk pencatatan dokumen yang dimiliki keterkaitan dengan aktivitas petani jamur tiram, menggambarkan kondisi geografis dan kondisi secara fisik lokasi pertanian jamur di desa Argosari Sedayu Bantul. Setelah data dikumpulkan maka penulis menemukan adanya keterkaitan antara Islam terhadap etos kerja yang dimiliki petani jamur Agribisnis jamur tiram. Pengaruh Islam terhadap etos kerja petani jamur terlihat pada nilai-nilai Islam yang menggambarkan etos kerja yang dimiliki petani jamur AJT diantara: Memiliki jiwa kepemimpinan (Leadership), kejujuran dan memiliki jiwa wirasuasta (Entrepreneurship). Sedangkan ajaran Islam yang mendorong semangat etos kerja petani jamur Agribisnis jamur tiram ialah ajaran tentang jihad, sedekah, bersukur, menuntut ilmu, berbakti kepada orangtua, dan pelayanan kemanusiaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Masroer, S.Ag, M.si
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Sep 2014 08:02
Last Modified: 22 May 2015 07:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13877

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum