INTERAKSI SOSIAL KEAGAMAAN MUSLIMAH SALAFI DENGAN MASYARAKAT POGUNG DALANGAN, SINDUADI, MLATI, SLEMAN, YOGYAKARTA

PRATIK RIZKI NURAINI, NIM. 10540043 (2014) INTERAKSI SOSIAL KEAGAMAAN MUSLIMAH SALAFI DENGAN MASYARAKAT POGUNG DALANGAN, SINDUADI, MLATI, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (INTERAKSI SOSIAL KEAGAMAAN MUSLIMAH SALAFI DENGAN MASYARAKAT POGUNG DALANGAN, SINDUADI, MLATI, SLEMAN, YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (INTERAKSI SOSIAL KEAGAMAAN MUSLIMAH SALAFI DENGAN MASYARAKAT POGUNG DALANGAN, SINDUADI, MLATI, SLEMAN, YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB)

Abstract

Dalam skripsi ini peneliti membahas tentang interaksi sosial keagamaan Muslimah Salafi dengan masyarakat Pogung Dalangan dalam perbedaan paham keIslaman. Masyarakat Pogung Dalangan, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta penduduknya mengikuti paham Salafi, Muhammadiyah, NU, dan LDII. Perbedaan paham ke Islaman merupakan realitas yang ada di Indonesia ini, jika melihat bangsa Indonesia yang sangat beragam dari suku, budaya, agama, dan ras, tidak jarang akan menemukan beberapa konflik sosial yang melatarbelakangi masalah SARA, dan yang sering juga terjadi adalah konflik antar kelompok umat beragama atau konflik antar aliran keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola interaksi sosial keagamaan Muslimah Salafi dengan Masyarakat Pogung Dalangan, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta yang dari berbagai paham ke Islaman dan mengetahui persepsi masyarakat Pogung Dalangan, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta terhadap interaksi sosial keagamaan Muslimah Salafi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dalam penelitian ini penulis melakukan observasi untuk mengetahui interaksi sosial keagamaan Muslimah Salafi di Pogung Dalangan, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta dengan pendekatan sosiologis, dan untuk mendapatkan data yang maksimal tentang kondisi kehidupan masyarakat, penulis melakukan wawancara, mengikuti beberapa kegiatan sosial keagamaan yang ada di Pogung Dalangan, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Dari penelitian yang diperoleh peneliti, bahwa pola interaksi sosial antara Muslimah Salafi dengan masyarakat Pogung Dalangan, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta adalah interaksi sosial yang bersifat asosiatif, yaitu Muslimah Salafi dengan masyarakat Pogung Dalangan yang hidup berdampingan secara gotong-royong, tolong-menolong, berupa kerjasama dan akomodasi. Sehingga terlihat kehidupan yang sangat sederhana. Tanpa disadari dari aktivitas dan kegiatan sosial tersebut lahir sikap kepedulian terhadap sesama warga dan kesadaran untuk saling toleransi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Rr. Siti Kurnia Widyastuti, S.Ag, M.Pd. MA
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Sep 2014 09:13
Last Modified: 22 May 2015 08:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13886

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum