REPRESENTASI PERAN KIAI DI ERA PERJUANGAN BANGSA (ANALISIS SEMIOTIK ATAS FILM SANG PENCERAH DAN SANG KIAI)

MUHAMMAD AINUN NAJIB, NIM.10540035 (2014) REPRESENTASI PERAN KIAI DI ERA PERJUANGAN BANGSA (ANALISIS SEMIOTIK ATAS FILM SANG PENCERAH DAN SANG KIAI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( REPRESENTASI PERAN KIAI DI ERA PERJUANGAN BANGSA (ANALISIS SEMIOTIK ATAS FILM SANG PENCERAH DAN SANG KIAI) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text ( REPRESENTASI PERAN KIAI DI ERA PERJUANGAN BANGSA (ANALISIS SEMIOTIK ATAS FILM SANG PENCERAH DAN SANG KIAI) )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Film merupakan salah satu media massa yang berbentuk audio visual dan sifatnya sangat kompleks. Film dapat menjadi sebuah karya estetika sekaligus sebagai alat informasi yang bisa menjadi alat penghibur, alat propaganda, dan juga alat politik. Film juga dapat menjadi sarana rekreasi dan edukasi. Antonio Gramsci, berpendapat bahwa media (film) dipandang sebagai ruang di mana berbagai ideologi dipresentasikan. Hal ini berarti media dapat digunakan sebagai alat penyebaran ideologi penguasa, alat legitimasi, alat pengontrol wacana publik, penyampaikan informasi sekaligus membawa pesan dan anjuran. Oleh karena itulah mengapa film juga merupakan bagian dari bentuk informasi yang diterima khalayak ramai. Dunia perfilman indonesia yang semakin hari semakin dapat diterima dan mudah untuk dinikmati masyarakat membuat produksi film semakin berkembang. Dari tahun ke tahun berbagai tema mulai ditawarkan, mulai dari percintaan remaja, horror, dan komedi. Namun, dari sekian banyak tema, penulis memfokuskan kepada salah satu fenomena baru yang menarik untuk diteliti saat ini yakni film yang mengangkat latar belakang kehidupan seorang tokoh. Di dunia perfilman, film ini lebih dikenal dengan film biopik. Sang Pencerah dan Sang Kiai adalah film yang penulis maksud. Selain itu kedua film tersebut juga merupakan film yang sangat laris dipasaran dengan jumlah penonton sekitar 1.094.229 penonton untuk film Sang Pencerah dan menjadi film terlaris sepanjang tahun 2010 kemudian film Sang Kiai dengan raihan 220.350 (berada pada urutan ke 9 film terlaris tahun 2013) Film ini menarik untuk ditelaah lebih dalam tentang bagaimana peran kiai di era perjuangan bangsa direpresentasikan, mengingat kedua film tersebut sama-sama mengangkat kisah kehidupan tokoh besar yang sangat berpengaruh baik itu bagi ummat maupun bagi bangsa. Penelitian ini mengerucut kepada bagaimana bentuk representasi dan peran kiai yang digambarkan dalam kedua film tersebut. Representasi kiai di Era Perjuangan Bangsa 1) kiai Ahmad Dahlan dan kiai Hasyim Asy‟ari sama-sama ditampilkan secara utuh dan menyeluruh secara fisik dan atribut yang dikenakan, 2) kiai Ahmad Dahlan dan kiai Hasyim Asy‟ari adalah tokoh yang sama-sama kuat dalam memegang prinsip dan keyakinan, Peran kiai di era perjuangan bangsa dalam film Sang Pencerah Ahmad Dahlan: 1) Mendirikan lembaga pendidikan pertama yang menerapkan model sekolah yang mengajarkan ilmu agama islam maupun ilmu pengetahuan umum, 2) Mendirikan Muhammadiyah, 3) mempelopori kebangkitan ummat untuk menyadari nasibnya sebagai sebagai bangsa terjajah yang masih harus belajar. dan Hasyim Asy‟ari dalam film Sang Kiai 1) merupakan seorang petani yang biasa bercocok tanam di sawah, hal ini membangkitkan spirit ummat agar tidak bermalas-malasan, 2) Mengeluarkan fatwa perlawanan terhadap Belanda, 3) Mengeluarkan sebuah resolusi jihad untuk melawan pasukan gabungan Belanda dan Inggris.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Adib Sofia, S.S. M.Hum.
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Sep 2014 15:01
Last Modified: 21 May 2015 15:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13894

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum