RESPON SANTRI PUTRI SALAF TERHADAP GLOBALISASI (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN AN-NUR NGRUKEM PENDOWOHARJO SEWON

MARIA ULVA , NIM. 10540083 (2014) RESPON SANTRI PUTRI SALAF TERHADAP GLOBALISASI (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN AN-NUR NGRUKEM PENDOWOHARJO SEWON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (RESPON SANTRI PUTRI SALAF TERHADAP GLOBALISASI (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN AN-NUR NGRUKEM PENDOWOHARJO SEWON )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (RESPON SANTRI PUTRI SALAF TERHADAP GLOBALISASI (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN AN-NUR NGRUKEM PENDOWOHARJO SEWON )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perubahan sosial yang begitu cepat merupakan konsekuensi globalisasi, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang berdampak pada kehidupan masyarakat. Pengaruh globalisasi berdampak dengan perubahan yang terjadi di dalam lingkungan pondok pesantren. Kemudian, lahir beragam persepsi, nalar, dan perilaku santri putri di pondok pesantren An-Nur Ngrukem Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respons santri putri terhadap globalisasi melalui persepsi, nalar dan perilaku dengan menggunakan teori interaksionisme simbolik dan teori globalisasi. Sifat penelitian ini adalah penelitian lapangan (kualitatif). Sumber data penelitian ini adalah santri putri pondok pesantren An-Nur Ngrukem Bantul. Hasil penelitian menunjukan bahwa globalisasi tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Akan tetapi sebagai santri putri pondok pesantren yang diajarkan untuk hidup sederhana diharapkan mampu mengontrol globalisasi yang sudah masuk di dalam lingkungan pesantren. Hal itu bertujuan agar tidak berdampak negatif pada santri-santri putri pondok pesantren An-Nur Ngrukem. Sedangkan tipologi santri putri pondok pesantren An-Nur Ngrukem dibagi menjadi tiga, yaitu: konservatif (mempertahankan tradisional pesantren salaf), konservatif-globalisme (memilih keduanya, mengambil globalisme tetapi masih bertahan dalam tradisi), dan globalisasi (memilih globalisasi sepenuhnya).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Munawar Ahmad, SS, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Konservatif, Konservatif-Global, Globalisasi
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Sep 2014 15:10
Last Modified: 21 May 2015 15:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13897

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum